Kamis, 18 Desember 2014

Wisata Arung Jeram Di Lampung Barat

| 3.881 Views
id arung jeram, lampung barat. way besay
 Wisata Arung Jeram Di Lampung Barat
(Ilustrasi.FOTO ANTARA/Maril Gafur)
"Jalur sungai Way Besay dengan tingkatan kesulitan dan tantangan tinggi sangat cocok untuk wisatawan petualang sungai arus deras,"
Liwa (ANTARA News) - Wisata alam arung jeram ditawarkan pemerintahan Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, di jalur sungai Way Besay, Kecamatan Sumberjaya, bagi wisatawan domestik dan mancanegara.

"Jalur sungai Way Besay dengan tingkatan kesulitan dan tantangan tinggi sangat cocok untuk wisatawan petualang sungai arus deras," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat, Hudaibi, di Liwa, Kamis.

Dinas Pariwisata dan Budaya Lampung Barat juga akan mengembangkan sejumlah lokasi wisata petualang lainnya yang ada pada empat titik di kawasan tersebut.

Wacana pemerintah membuat kawasan desa wisata, yang di bagi menjadi empat titik daerah, di antaranya kawasan Danau Ranau Kecamatan Lumbok Seminung, Pekon Hujung, Kecamatan Belalau, Pekon Puralaksana Kecamatan Sumberjaya, dan Kecamatan Pesisir Lampung Barat, saat ini terus digalakkan.

Empat kawasan yang menjadi target desa wisata tersebut, diproyeksikan dapat memberikan rangsangan terhadap masyarakat yang tinggal di area wisata, untuk langsung terlibat menjadi pelakon usaha pariwisata, salah satunya yakni usaha penginapan, dan wisata kuliner.

Sebagian besar keadaan sungai di daerah ini memadai untuk dijadikan kawasaan wisata arung jeram, diketahui arus sungai di Lampung Barat tergolong ekstrim dan menduduki peringkat kedua dari dari sungai yang terdapat Provinsi Lampung.

Lampung Barat diketahui merupakan salah satu provinsi di Tanah Air dengan sejuta potensi alam yang besar, baik perkebunan, pertanian, dan pariwisata.

Sektor pariwisata menjadi salah satu progam tujuan pembangunan daerah, guna mewujudkan Lampung Barat sebagai kawasan pariwisata di Provinsi Lampung, yang berbasis ekonomi kerakyatan.

Menurut data yang di peroleh Dinas Pariwisata daan Kebudayaan Kabupaten Lampung Barat, jumlah kunjungan wisatawan di daerah ini mencapai 400 ribu orang lebih per tahun, jumlah tersebut akan meningkat seiring dengan di gelarnya evet tahunan yang di selenggarakan.

Sebelumnya Bupati Lampung Barat, Mukhlis Basri mengatakan, Lampung Barat dapat bersaing di tingkat nasional.

"Saya meyakini potensi yang dimiliki Lampung Barat dapat di kembangkan lebih baik lagi, sehingga kedepan daerah ini mampu bersaing dan menjadi salah satu tujuan wisata nasional," kata Mukhlis.

Dia memaparkan, sejauh ini pemerintah cukup serius untuk mengelola aset wisata yang dimiliki.

Bupati itu menambahkan, Lampung Barat masih membuka peluang investor untuk bermitra dengan pemerintah dalam mengelola kawasan wisata yang ada.

"Optimis siapapun investor yang hendak menanamkan modalnya di daerah ini akan menghasilkan keutungan yang berlipat, sebab dari potensi wisata tersebut, banyak menawarkan sejuta keindahan yang dapat menarik wisatawan, untuk berkunjung dan berlama lama di daerah ini" katanya.
(PSO049)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar Pembaca
Baca Juga