London  (ANTARA News/AFP) - Unggulan kelima Maria Sharapova bangkit dari ketinggalan 1-4 di set pertama untuk mencapai babak ketiga Wimbledon, Jumat, dengan kemenangan 7-6 (7/4), 6-3 atas petenis muda Inggris Raya, Laura Robson.

Sharapova, juara 2004, akan menghadapi Klara Zakopalova dari Republik Ceko untuk memperebutkan satu tempat di babak 16 besar Sabtu (25/6).

Tapi, dia sempat menghadapi ujian sesungguhnya pada awal pertandingan, sepertinya pada saat menutup pertandingan melawan petenis berusia 17 tahun Robson, peringkat 254 dunia dan bermain sebagai petenis wildcard.

"Dia memulai pertandingan dengan sangat bagus. Tembakan dan servisnya bagus. Tapi, kemudian saya bermain lebih baik. Dia masih muda dan berkembang, serta bermain bagus. Saya tidak dalam permainan terbaik saya dan saya merasa seperti saya melakukan lebih banyak kesalahan," kata Sharapova.

Robson, juara junior 2008, mencuri poin untuk unggul 2-0 pada set pertama dan memperbesar keunggulan menjadi 4-1 sebelum petenis Rusia, yang turut ditonton oleh tunangannya dan bintang bola basket NBA Sasha Vujacic, membalas pada game ketujuh.

Robson sempat memperoleh peluang saat Sharapova melakukan kesalahan ganda saat tiebreak untuk unggul 4-2, sebelum petenis Rusia itu merebut lima poin berikutnya untuk merebut set pertama dalam waktu 68 menit.

Sharapova dengan cepat unggul 2-0 pada set kedua, tapi Robson berupaya keras dan melakukan break dengan cepat.

Sharapova yang pernah menjadi petenis nomor satu dunia, mencuri poin lagi dan kemudian unggul 4-1 dan mematahkan servis sekali lagi untuk unggul 5-1.

Tapi Robson sempat bangkit lagi dan memperkecil ketinggalan menjadi 3-5, sebelum Sharapova memperlihatkan pengalamannya sebagai juara Grand Slam tiga kali dengan merebut kemenangan pertandingan tersebut.
(Uu.I015/Z002)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011