Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng meminta persiapan atlet yang akan diturunkan pada SEA Games (SEAG) 2011 di Jakarta dan Palembang, 11-22 November nanti dilakukan lebih maksimal sehingga mampu mencapai target yang dibebankan.

"Semua pengurus besar (PB) cabang olahraga harus terus mempersiapkan atlet sesuai dengan program yang ada. Jadi semua harus dipastikan kesiapannya," kata Andi Mallarangeng usai Apel Siaga atlet SEA Games 2011 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senen.

Menurut dia, atlet yang saat ini masuk dalam pelatnas Program Indonesia Emas (PRIMA) harus benar-benar siap untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya pada event olahraga terbesar di Asia Tenggara itu. Apalagi pelaksanaannya dilaksanakan di Tanah Air.

Dengan semakin dekatnya pelaksaaan event dua tahunan itu, kata dia, diharapan semua persiapan dilakukan dengan baik dan efisien. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada masing-masing PB untuk menyusun program mulai dari sistem pelatihan, jadwal pertandingan maupun jadwal try out terutama ke luar negeri.

"Kami akan terus memberikan dorongan semangat kepada semua yang terlibat dalam event besar ini. Kami ingin memastikan bahwa seluruh atlet dan pendukungny telah siap turun di SEA Games nanti," katanya menambahkan.

Andi menjelaskan, menjadi wakil Indonesia pada ajang SEA Games merupakan tugas mulia. Tidak sembarangan orang mampu menjadi wakil dalam kejuaraan ini. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada seluruh atlet untuk mempersiapkan diri dengan baik agar hasilnya maksimal.

"Semangat mereka luar biasa. Saya yakin mereka mampu memberikan yang terbaik," kata mantan Juru Bicara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Apel siaga atlet atlet SEA Games 2011 diikuti oleh seluruh atlet dari 43 cabang olahraga yang dipertandingkan. Selain itu juga dihadiri oleh Ketua Umum KONI/KOI Rita Subowo serta Komandan Pelatnas PRIMA Tono Suratman.

Dalam apel itu juga diperagakan persiapan yang telah dilakukan cabang olahraga taek won do dan wushu. Atlet yang akan turun di SEA Games 2011 itu menunjukkan kemampuannya dalam cabang olahraga bela diri itu.

Selain itu ,salah satu atlet panahan masa depan Indonesia, Della Adisty Handayani juga menunjukkan kemampuannya dalam memanah. Pelajar kelas 2 SMP Negeri 12 Surabaya itu mampu memanah dengan tepat dua sasaran yang telah dipersiapkan.

SEA Games 2011terbagi didua tempat yaitu Jakarta dan Palembang dan masing-masing akan mempertandingkan 22 cabang olahraga (sepak bola didua tempat). Dalam event ini Indonesia menargetkan mampu menjadi juara umum.

Hanya saja hingga saat ini persiapan lokasi pertandingan terutama di Palembang belum tuntas 100 persen. Masih banyak lokasi pertandingan yang masih dalam pengerjaaan seperti stadion renang, atletik, menembak dan panjat tebing. Hanya saja panitia penyelenggara memastikan jika pembangunan lokasi pertandingan akan tuntas maksimal Agustus nanti. 
(*)





Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011