Selama mengikuti serangkaian kegiatan Jambore Dunia, kami juga berharap Bagus Prabowo bisa memperkenalkan potensi daerah Lamongan kepada peserta dari negara lain.
Lamongan (ANTARA News) - Anggota Pramuka Gugus Depan Pondok Pesantren Al Ishlah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Tri Bagus Prabowo, akan mengikuti Jambore Pramuka Se-Dunia di Kristiandad, Swedia, pada akhir Juli 2011.

Pembina Pramuka Gudep Ponpes Al Ishlah Lamongan Imron Rodli, di Lamongan, Selasa, mengatakan, salah satu anak didiknya itu bersama ratusan anggota Pramuka dari berbagai daerah akan bergabung dalam kontingen Indonesia.

Pada Jambore Dunia yang berlangsung 27 Juli-7 Agustus 2011 tersebut, Kwartir Daerah Pramuka Jatim menyertakan sebanyak 48 anggota ditambah enam pendamping yang berasal dari lima kabupaten/kota.

"Kami turut bangga karena ada salah satu wakil dari Pramuka Lamongan yang lolos seleksi ikut Jambore Dunia bersama kontingen Indonesia," ujarnya saat pelepasan tim Pramuka Lamongan mengikuti Jambore Nasional dan Dunia.

Imron mengemukakan sebelum berangkat ke Swedia, Bagus Prabowo dan anggota kontingen Pramuka lainnya telah mengikuti program pemantapan di Lembaga Pendidikan Nasional (Lemdiknas) Pramuka di Cibubur selama tiga hari.

"Selama mengikuti serangkaian kegiatan Jambore Dunia, kami juga berharap Bagus Prabowo bisa memperkenalkan potensi daerah Lamongan kepada peserta dari negara lain," ujarnya.

Jambore Pramuka Dunia yang digelar empat tahun sekali itu, akan diikuti puluhan ribu peserta dari ratusan negara yang menjadi anggota "World Organization of Scout Movement" (WOSM).

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Lamongan Amar Saifudin juga melepas 32 Pramuka Penggalang yang akan mengikuti Jambore Nasional ke-9 di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, 2-9 Juli 2011.

Jambore Nasional rencananya diikuti sekitar 30 ribu peserta dari berbagai daerah, selain juga utusan Pramuka dari negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Amar Saifudin mengatakan anggota Pramuka Lamongan harus bisa memanfaatkan kegiatan Jambore tersebut untuk mendapatkan nilai tambah dalam pengembangan potensi diri.

"Keikutsertaan kalian juga mewakili daerah Lamongan, sehingga manfaatkan interaksi dengan peserta dari daerah lain untuk mengenalkan potensi Lamongan," katanya.
(D010)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011