Jakarta (ANTARA News) - Pramono, karikaturis senior yang selama ini lebih banyak berkiprah melalui surat kabar sore Sinar Harapan, memamerkan karya seni karikatur jurnalistiknya dalam periode 1966-2011 di Palalada, Grand Indonesia, Jakarta.

"Ini hanya cara sederhana saya untuk menceritakan pendapat masyarakat menanggapi isu aktual sesuai zamannya," ujar Pramono, di sela-sela pembukaan pamerannya, Jumat.

Aristides Katoppo selaku Presiden Komisaris PT Sinar Harapan Persada mengemukakan, karikatur karya Pramono merupakan ikon khas editorial surat kabar sore yang 27 April 2011 memasuki usia 50 tahun.

"Mas Pramono punya cara khas menggambarkan berbagai persoalan di negeri ini melalui karikaturnya yang bisa membuat orang tersenyum, bahkan tertawa. Namun, di saat yang sama bisa jadi ada pihak yang jengkel atau bahkan marah," ujar Aristides.

Hebatnya, menurut wartawan senior tersebut, Pramono tidak pernah kehabisan gagasan untuk senantiasa merekam pendapat publik menjadi bahan karikaturnya.

"Ini memperlihatkan kedekatannya dengan isu dan pendapat publik. Ini pula yang menjadi salah satu kekuatan editorial Sinar Harapan," demikian Aristides. (*)