Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden (Wapres) Boediono mengatakan kemunduran Islam karena melalaikan ajaran agama untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.

"Kemunduran yang terjadi selama 200 tahun terakhir ini tidak lain karema umat Islam telah lalai mengamalkan ajaran Islam yang memberikan kedudukan tinggi pada ilmuwan dan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Wapres saat memberi sambutan dalam milad ke-81 Perguruan Islam Alkhairaat di Morowali, Sulawesi Tengah, Sabtu.

Wapres mengatakan, Islam pernah berjaya selama 700 tahun dan mampu memimpin peradaban dunia dengan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Peradaban Islam, menurut Wapres kemudian menjadi rujukan bagi peradaban di seluruh dunia.

"Perkembangan umat Islam itu telah mengilhami berbagai negara sampai ke penjuru dunia, bahkam sampai saat inipun masih meninggalkan bekas-bekasnya," kata Wapres.

Namun, dalam 200 tahun terakhir, menurut Wapres umat Islam mengalami kemunduran. Iptek tidak berkembang didunia Islam. Akibatnya dunia Islam terbelakang dibanding peradaban lainnya.

Wapres mengatakan kemunduran ilmu pengetahuan didunia Islam karena lalai mengikuti ajaran agama. Wapres mengatakan Islam memberikan kedudukan yang tinggi kepada ilmu pengetahuan.

Menurut Wapres, Nabi Muhammad SAW telah memberikan tauladan dan meberikan hadits terkenal bahwa mencari Ilmu hukumnya wajib bagi para pemeluk Islam.

Sementara Al Quran, menurut Wapres, menempatkan orang-orang berilmu ke dalam kedudukan yang tinggi disisi Allah SWT.

"Tidak kurang dari 16 kali Alquran menyebutkan betapa tingginya kedudukan ulil albab disisi Allah, Ulil albab adalah mereka yang tidak hanya prinsipil mengingat kebesaran tuhan, tapi juga bertafakur keagungan alam semesta ciptaan tuhan, dengan mengembangkan ilmu pengetahuan," katanya.

Wapres menambahkan dirinya mengapresiasi perguruan Islam Alkhairaat yang turut serta membantu mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mebuat sekolah dari TK hingga universitas.

Wapres menghormati Syech Idrus Salim Aljufri yang telah mendirikan Perguruan Islam Alkhairaat. Wapres menilai usaha kerad Syech Idrus yang juga dikenal Guru Tua untuk mencerdaskan bangsa dilandasi iman yang kuat dan ajaran Islam untuk mengembangkan iptek.(*)
(T.M041/S019)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011