Sabtu, 29 April 2017

Mantan Presiden Brazil Itamar Franco Meninggal

| 1.977 Views
id obituari, mantan presiden brazil, itamar franco
Brasilia (ANTARA News/AFP) - Mantan presiden Brazil Itamar Franco, yang membantu mengarahkan stabilitas negara dalam mengatasi satu skandal besar, Sabtu, meninggal dunia, setelah berjuang melawan penyakit leukemia yang dia derita, kata para pejabat rumah sakit.

Franco meninggal di Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo pada usia 81 tahun.

Ia tampil di kekuasaan secara tiba-tiba karena terjadi pemakzulan pada presiden Fernando Collor de Mello, menyusul serangkaian skandal korupsi yang melibatkannya.

Pemerintah Franco menjabat sebentar antara 1992-1994 sebagai

"Jembatan" institusional untuk pemilihan presiden berikutnya, yang dimenangkan oleh menteri keuangan Franco, Fernando Henrique Cardoso.

"Ketika (Franco) mengambil alih kepresidenan pada saat bergolak, ia mengambil kebijakan untuk berdialog dengan masyarakat Brazil dan membantu negara untuk mendapatkan jalur yang benar," kata populer mantan presiden Luiz Inacio Lula da Silva (2003-2011) dalam sebuah pernyataan.

Franco juga diingat untuk Rencana Nyatanya, program stabilisasi ekonomi yang ditujukan untuk mengakhiri inflasi Brazil.

Dia mempertahankan peran aktif dalam politik Brazil setelah kepresidenannya, dan menjalani tugas sebagai seorang senator dari negara bagian Minas Gerais pada saat kematiannya.

Presiden Dilma Rousseff berbicara dengan anggota keluarga Franco untuk mengekspresikan belasungkawa dan menawarkan untuk menjadi tuan rumah pada upacara pelepasan jenazahnya di istana presiden.(*)

(Uu.H-AK/C003)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar Pembaca