atlet pakai doping tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan bagi kesehatan
Padang (ANTARA News) - Ade Ray, mantan atlet binaraga top Indonesia, menghimbau para atlet Indonesia agar tidak memakai doping dalam bertanding dan berlatih.

"Para atlet janganlah memakai doping, selain mendasar resep dari dokter,"katanya, di Padang, Minggu.

Menurut dia, kebanyakan para atlet terobsesi untuk meraih prestasi sehingga juga mengandalkan doping untuk mendongkrak kemampuan.

"Hal ini sangat disayangkan, jika memperoleh prestasi memakai doping dalam suatu pertandingan," katanya.

Dia menambahkan, para atlet menempuh jalan pintas yakni memakai doping dalam pertanding sangat membahayakan bagi kesehatan.

Dia mengatakan, demi sebuah prestasi, atlet pakai doping tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan bagi kesehatan.

"Para atlet ini sebaiknya melakukan latihan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal,"katanya.

Dalam kesehariannya tambah Ade Ray seorang atlet kerap berkutat dengan latihan yang menguras energi. Tujuannya tentu untuk mendongkrak prestasi karena atlet profesional biasanya akan selalu dibebani dengan target dan pencapaian prestasi setinggi mungkin.

Tekanan ini membuat atlet tak pernah puas atas pencapaiannya. Dan ketidakpuasan itu berujung pada keinginan untuk meningkatkan performanya melalui latihan.

"Tetapi ada pula atlet yang mencoba jalan pintas untuk meningkatkan performa dengan memakai doping, yakni suplemen untuk memberikan tenaga ekstra pada tubuh agar mampu menggandakannya secara signifikan,"katanya.
(ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011