Palembang (ANTARA News) - Komisi X DPR RI akan memeriksa bangunan wisma atlet SEA Games XXVI di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (16/7), kata Manajer Proyek PT Duta Graha Indah Mumu Mulyadi.

"Komisi X ingin melakukan pengecekan akhir secara langsung sebelum wisma atlet benar-benar digunakan," kata Mumu di Palembang, Jumat.

Dia mengatakan, bangunan wisma atlet SEA Games itu telah rampung seratus persen dan tinggal dilakukan pengecekan akhir oleh berbagai pihak terkait.

"Hari ini kami telah mengirimkan fax ke pengawas lapangan yakni PT Deserco mengenai hasil dari pengecekan akhir. Jika dari pihak mereka (PT Deserco, red) tidak ada lagi komplain, tugas kami telah selesai," ujar dia.

Dia menyatakan, pengerjaan wisma atlet selanjutnya akan disambung dengan penambahan fasilitas pendukung.

"Setelah selesai, akan dilakukan penambahan perabotan seperti tempat tidur, kasur, tirai, AC, dan lainnya. Namun ini bukan lagi tugas kami, ada pihak lain yang akan mengerjakan. PT DGI hanya sebatas mengerjakan bangunan gedung," kata dia pula.

Dia tidak menampik terdapat banyak kendala dalam pengerjaan bangunan wisma atlet itu yang dimulai sejak Oktober 2010.

"Banyak tantangan yang kami hadapi, mulai dari masalah cuaca, kendala transportasi, kekurangan bahan bangunan hingga kasus suap. Namun, semua bisa kami hadapi dan tidak mengganggu proses pembangunan," ujar dia.

Bangunan wisma atlet ini menggunakan lantai keramik putih, terlihat serasi dengan warna dinding dan tangga.

Instalasi listrik yang terletak di langit-langit juga telah terpasang rapi, begitu juga dengan selang air telah siap untuk dialiri air bersih.

Setiap kamar memiliki fasilitas untuk delapan atlet, dan tiap kamar dilengkapi dengan AC, kamar mandi dengan toilet duduk, serta shower yang bisa mengeluarkan air panas dan air dingin.

Wisma atlet juga dilengkapi dengan gedung serba guna yang akan digunakan sebagai tempat makan atlet, serta bisa menampung 5.000 atlet.

Data bangunan wisma atlet adalah: luas tanah: 41.870 m2; luas kamar: (5,5 x 8 ) = 44 m2; luas lantai: 93,5 x 25 = 2.337,5 m2; luas gedung: 2.337,5 m2 x 4 lantai = 9.350 m2; luas gedung serba guna: 3.000 m2; lantai dasar: 21 kamar; lantai 1, 2, 3: 34 x 3 = 102 kamar; satu gedung: (21+102) = 123 kamar; kamar wisma: 123 x 3 gedung = 369 kamar; tempat tidur (satu kamar): 8 tempat tidur; tempat tidur Wisma: 8 x 369 = 2.952 tempat tidur.

(ANT-037/N002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011