Selasa, 29 Juli 2014

45 Fotografer Aceh Ikut Lomba Relly Foto

Senin, 18 Juli 2011 02:22 WIB | 2.605 Views
45 Fotografer Aceh Ikut Lomba Relly Foto
Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar menyaksikan hasil karya para jurnalis foto Aceh di Museum Tsunami, Banda Aceh, Kamis (14/7). ( ANTARA/Irwansyah Putra/ed/pd/11.)
Banda Aceh (ANTARA News) - Sebanyak 45 peserta dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Aceh mengikuti lomba relly foto yang diselenggarakan lima wartawan yang tergabung dalam LiMa Production, untuk menyukseskan tahun kunjungan wisata Banda Aceh 2011.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh, Reza Fahlevi seusai menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba relly foto, Minggu, mengatakan, kegiatan yang digagas lima wartawan foto yakni Bedu Saini (Harian Serambi Indonesia), Iranda Novandi (Analisa), Irwansyah Putra (LKBN Antara), Tarmizy Harva (Reuters) dan Yo Fauzan (freelance) sangat menarik dan harus dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang.

"Sepengetahuan saya kegiatan relly foto ini baru pertama kali dilaksanakan di Provinsi Aceh, ajang ini dapat mempromosikan Aceh ke dunia luar," kata Reza Fahlevi.

Menurutnya, foto merupakan sarana yang ampuh untuk mempromosikan kota Banda Aceh kepada dunia luar sebab gambar yang dihasilkan fotografer mampu memberi informasi baik maupun buruk.

Ia juga yakin relly foto yang diselenggarakan LiMa Production mampu memberikan suasana baru bagi kalangan pencinta fotografi.

"Tidak hanya suasana baru, acara ini pasti akan membuat para fotografer untuk berupaya meningkatkan kreatifitas," katanya.

Ketua panitia pelaksana Iranda Novandi mengatakan, kompetisi relly foto merupakan rangkaian akhir dari kegiatan yang digagas LiMa Productions.

"Sejak 14 Juli lalu kami berlima telah melaksanakan pameran foto yang bertema "Ber-LiMa Menatap Aceh" di Museum Tsunami Aceh dan seminar fotografi yang diikuti belasan peserta," kata Iranda.

Ia juga menyebutkan jumlah peserta yang mendaftar untuk relly foto mencapai 62 orang, namun yang melakukan registrasi hanya 46 orang, kami tidak mungkin menunggu peserta yang belum datang, bahkan start sempat kita tunda hingga 30 menit, ujarnya lagi.

Peserta relly foto bukan hanya berasal dari kota Banda Aceh bahkan ada dari Kabupaten Aceh Tengah, Aceh Besar, Meulaboh, Lhokseumawe dan Nagan Raya.

"Pesertanya juga tidak hanya mahasiswa, jurnalis foto dari media juga ikut berpartisipasi," katanya.

Pada relly foto itu peserta harus menjawab pertanyaan yang diberikan panitia dengan gambar, terdapat VI lokasi deng delapan pertanyaan yang harus diselesaikan.

Objek foto tersebut terdapat Taman Putroe Phang, Museum Tsunami Aceh, Gerbang Perkuburan Belanda (Kerkorff), lapangan Blang Padang, Masjid Raya Baiturrahman dan tower air di seputaran Taman Sari Banda Aceh.

Untuk juara satu perlombaan yang berlangsung setengah hari itu diraih Khairi Tuah Miko selanjutnya Usmanuddin fotografer Humas Aceh Besar dan juara tiga diraih M Ikram Maulanda.

Panitia juga memberikan penghargaan terhadap karya foto favorit yakni Eno Sunarno wartawan salah satu surat kabar mingguan terbitan Banda Aceh yang mengabadikan gambar Masjid Raya Baiturrahman.(*)
(T.KR-IRW/Z002)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Komentar Pembaca
Baca Juga