Kami mengimbau Korea Selatan dan Korea Utara memulai lagi proses pembicaraan untuk menyelesaikan sengketa mereka. Kami juga berharap agar Pertemuan 6 Pihak (Six Paty Talk) dilakukan lagi.
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Negara-negara ASEAN dalam pertemuan dengan China, Korea Selatan dan Jepang (ASEAN+3 Meeting), di Bali, Kamis, menghimbau Korea Selatan dan Korea Utara memulai lagi pertemuan keduanya guna menyelesaikan sengketa di semenanjung korea.

"Dalam pertemuan dengan tiga negara mitra ASEAN tadi, kami membicarakan beberapa isu regional yang menjadi keprihatinan bersama termasuk isu konflik di semenanjung korea. Kami mengimbau Korea Selatan dan Korea Utara memulai lagi proses pembicaraan untuk menyelesaikan sengketa mereka. Kami juga berharap agar Pertemuan 6 Pihak (Six Paty Talk) dilakukan lagi," kata Menlu, Kamis.

Ketegangan-ketegangan di semenanjung telah berkobar sejak Korea Selatan menuduh Korea Utara menorpedo salah satu kapal perangnya, Cheonan, yang menyebabkan hilangnya 46 nyawa prajurit angkatan lautnya pada Maret 2010.

Korea Utara dengan marah membantah tuduhan itu, namun November lalu mereka menyerang sebuah pulau perbatasan, Yeonpyeong, menewaskan empat warga Korea Selatan termasuk dua warga sipil dan sempat memicu kekhawatiran perang.

Sebelumnya Ketua Gabungan Kepala Staf Militer AS Laksamana Mike Mullen mendesak

China yang merupakan sekutu dekat Korut untuk menggunakan hubungan baiknya dengan Pyongyang untuk memastikan stabilitas regional dan memperingatkan Korea Utara terhadap provokasi lebih lanjut.

China juga merupakan anggota Perundingan Enam Negara (Six Paty Talk) yang fokus pada isu pelucutan senjata nuklir Korea Utara.

(T.A051)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011