Diantaranya Satgas Indo FPC sebanyak 150 personel, Satgas Indo FHQSU 49 personel, Satgas Sector East Military Police Unit (Sempu) 75 personel, Satgas Indo Medic tujuh personel dan satu personel dari Maritime Task Force Staff HQ.
Jakarta (ANTARA News) - Kontingen Garuda TNI yang tergabung dalam misi perdamaian PBB di Lebanon Selatan (UNIFIL) menerima medali perdamaian karena TNI mendedikasikan diri dengan penuh rasa tanggung jawab sebagai pasukan perdamaian.

Komandan Satgas Konga XXIII-E/UNIFIL Letkol (Inf) Hendy Antariksa kepada ANTARA News, di Jakarta, Jumat mengatakan, medali perdamaian itu diberikan kepada 282 personel kontingen TNI dari beberapa kesatuan tugas yang tengah bertugas di bawah komando UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon).

"Diantaranya Satgas Indo FPC sebanyak 150 personel, Satgas Indo FHQSU 49 personel, Satgas Sector East Military Police Unit (Sempu) 75 personel, Satgas Indo Medic tujuh personel dan satu personel dari Maritime Task Force Staff HQ," katanya.

Hendy mengungkapkan, upacara pemberian medali (medal parade) dilakukan di lapangan Sudirman, Camp Green Hill, Naqoura Lebanon Selatan, Kamis.

Penyematan medali dilaksanakan secara langsung oleh Komandan UNIFIL kepada Komandan Kontingen Indonesia Kolonel (Pnb) Yulianta dan perwakilan kelima satgas dari kontingen Indonesia yaitu Satgas FHQSU, Indo FPC, Sempu, Indo MTF Staf dan Indo Medic.

Medali kemudian disematkan oleh Director Mission Support Girish Sinha, Komandan Sektor Barat Brigadir General Gualtiero Mario De Cicco dan Komandan Unifil Military Task Force Rear Admiral Luiz Henrique Caroli kepada pasukan upacara.

Pada kesempatan itu Komandan UNIFIL Alberto Asarta Cuevaz menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh prajurit kontingen Indonesia yang telah mendedikasikan diri dengan penuh rasa tanggung jawab sebagai pasukan perdamaian PBB di wilayah Lebanon.

Dia juga menyampaikan kebanggaannya terhadap kinerja dan profesionalisme kontingen Indonesia yang telah ditunjukkan selama ini.

Pelaksanaan pemberian medali kontingen TNI terbagi dalam dua bagian, yaitu pada 21 Juli untuk Force Commander Aset yang bermarkas di Naqoura ditambah dengan Sempu, dan pada 5 Oktober untuk Batalyon Indonesia bertepatan dengan Hari Ulang Tahun TNI.


(R018) (M026)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011