Padang (ANTARA News) - Syuting film "Negeri 5 Menara" yang diangkat dari novel karya A Fuadi dijadwalkan mulai awal Agustus, setelah dilakukan persiapan sejak Mei 2011. Film ini rencananya akan tayang pada Februari 2012.

"Dengan dukungan KG Production, Million Pictures selaku rumah produksi akan memulai syuting pada awal Agustus 2011," kata produser eksekutif Mililion Pictures Indra Yudhistira melalui siaran persnya di Padang, Jumat.

Ia mengatakan, syuting film "Negeri 5 Menara" dilakukan dalam empat tahap, pertama berlokasi di wilayah Ponorogo dan Pondok Modern Gontor, Jawa Timur, hingga pertengahan Agustus. Kemudian tahap dua di kota Bandung setelah Lebaran. Tahap tiga di Bukittinggi, dan Danau Maninjau, Sumatra Barat dan tahap akhir di London.

Film "Negeri 5 Menara" disutradarai Affandi Abdul Rachman, dengan dukungan tim yang sudah berpengalaman dalam membuat film, mulai dari Eros Eflin, Roy Rolang, hingga Citra Subiyakto.

Pemain yang terlibat dalam pembuatan film ini, mulai dari Doni Alamsyah, Andhika Pratama, David Chalik, Inez Tagor, Mario Irwinsyah hingga pendatang baru seperti Eriska Rein dan Merayni Fauziah.

Aktor senior Ikang Fauzi juga akan tampil dan berperan sebagai Kiai Rais, pimpinan Pondok Madani, dimana Alif menimba ilmu.

"Negeri 5 Menara" adalah sebuah petualangan seorang anak bangsa yang berlatar belakang sangat sederhana, namun karena keteguhan dan kerja keras, ia bisa sukses bukan saja di negeri sendiri, namun di tingkat dunia.

Novel Negeri 5 Menara sebelumnya telah mendapat penghargaan sebagai buku terfavorit Anugerah Pembaca Indonesia 2010 dan nominasi Khatulistiwa Literary Award 2010.

Novel ini juga memecahkan rekor penerbit Gramedia Pustaka Utama sebagai buku lokal terlaris dalam 37 tahun terakhir ini dan telah berhasil merebut hati para pembaca Indonesia.
(IWY)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2011