Jumat, 1 Agustus 2014

MUI : Penetapan Awal Puasa Tunggu Keputusan Pemerintah

Sabtu, 30 Juli 2011 05:32 WIB | 5.987 Views
MUI : Penetapan Awal Puasa Tunggu Keputusan Pemerintah
Majelis Ulama Indonesia (ANTARANews/Ist)
Biak (ANTARA News) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Biak Numfor, Papua, Ustadz Muhamad Adnan MA mengharapkan umat Islam menunggu keputusan resmi pemerintah melalui penetapan Menteri Agama Suryadharma Ali dalam penentuan awal puasa Ramadhan 1432 Hijriyah.

"Meski penetapan awal puasa tahun ini diperkirakan dimulai 1 Agustus sebaiknya umat Islam menanti keluarnya keputusan Menteri Agama RI yang akan diumumkan dalam waktu dekat," ungkap Ketua MUI Muhamad Adnan dihubungi di Biak menanggapi awal puasa Ramadhan 1432 H di Biak, Sabtu.

Ia mengakui, tujuan dikeluarkan keputusan pemerintah lewat Menteri Agama dalam upaya menghindari adanya perbedaan dalam penentuan ibadah puasa di masyarakat.

Dia mengatakan, untuk tahun ini penentuan awal puasa 1 Ramadhan 1432 H diperkirakan sama, yakni 1 Agustus 2011.

"Untuk umat Islam yang menyakini awal puasa jatuh 1 Agustus dipersilakan melaksanakan ibadah puasanya," katanya singkat.

Jelang H-2 ibadah puasa Ramadhan 1432 H di Kabupaten Biak Numfor tampak sebagian jemaah masjid mulai membersihkan halaman masjid dan mushala untuk menyambut bulan penuh barokah, rahmat dan ampunan Ramadhan.

Diperkirakan pada Minggu malam sebagian besar masjid dan mushala di Kabupaten Biak Numfor mulai menggelar shalat tarawih dan witir berjamaah sebagai pembuka menyambut bulan suci Ramadhan 1432 Hijriyah.

Hingga Sabtu, aktivitas warga Biak sekitarnya tampak kondusif di mana berbagai kegiatan masyarakat berjalan normal seperti biasanya.

Pertokoan, angkutan taksi, bandara, pelabuhan serta fasilitas publik lainnya tetap buka beroperasi melayani masyarakat dengan normal.(*)

(T.M039/Y008)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Komentar Pembaca
Baca Juga