Pelajar di Palembang, mulai dari SD hingga SMU harus membantu para atlet Indonesia yang sedang bertanding, dengan cara memberikan dukungan berupa yel-yel maupun gambar-gambar penyemangat.
Palembang (ANTARA News) - Para pelajar di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) akan dilibatkan menjadi suporter bagi atlet-atlet Indonesia pada SEA Games XXVI di Palembang, 11-22 November 2011, kata Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Ade karyana.

"Pemerintah Provinsi Sumsel telah meminta Diknas Sumsel untuk mempersiapkan ribuan pelajar sebagai suporter pertandingan dalam SEA Games mendatang. Saat ini kami sedang melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, untuk mendapatkan formula yang tepat," ujar Ade, di Palembang, Selasa.

Menurut Ade, para pelajar itu akan ditempatkan di sejumlah arena olahraga di Jakabaring Sport City Palembang yang menjadi pusat kegiatan selama SEA Games (SEAG) berlangsung di daerah ini.

"Pelajar di Palembang, mulai dari SD hingga SMU harus membantu para atlet Indonesia yang sedang bertanding, dengan cara memberikan dukungan berupa yel-yel maupun gambar-gambar penyemangat," ujar dia lagi.

Ia mengungkapkan, hal itu juga dilakukan oleh Pemerintah Laos saat menjadi tuan rumah SEA Games tahun 2009 lalu.

"Saat SEA Games di Laos, para pelajar di sana dilibatkan untuk menjadi suporter. Begitupula di Indonesia nanti, malahan jika ada negara yang tidak membawa suporter, pelajar Indonesia siap memberikan bantuan supaya lebih ramai," ujar dia pula.

Ia menambahkan, akan memprioritaskan kepada para guru olahraga untuk mengawal para suporter SEAG dari kalangan pelajar itu.

"Kami melibatkan para guru olahraga, agar bisa menambah pemahaman dan pengalaman yang nantinya dapat diserap dalam proses belajar dan mengajar," kata dia.

SEAG ke-26 akan dilaksanakan di Palembang, Sumsel, dan DKI Jakarta.

Direncanakan, Palembang akan menjadi tempat pembukaan dan penutupan pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara itu.

Pelaksanaan pertandingan, akan dibagi sejumlah cabang olahraga dilakukan di Palembang dan Jakarta.

(ANT-037)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011