Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) melanjutkan upaya reformasi dan revitalisasi untuk menuju institusi bertaraf internasional di bidang pertahanan dan keamanan sehingga setara dengan institusi-institusi serupa di negara maju.

"(Proses) reformasi dan revitalisasi Lemhanas sebagai harapan kita world class institution, saya mencatat sejumlah kemajuan tetapi saya ingin lebih dari itu," kata Presiden di Kantor Presiden, Jumat, saat menerima Gubernur Lemhanas Budi Susilo Supandji dan sejumlah pejabat Lemhanas.

Presiden berharap proses revitalisasi dan reformasi dilakukan secara menyeluruh termasuk di bidang kurikulum, metodologi belajar mengajar serta `update` ilmu pengetahuan terkini sehingga Lemhanas mampu menghasilkan para perencana tingkat strategis yang memiliki kemampuan manajemen dan juga kepemimpinan yang berwawasan nasional serta handal.

"Sehingga Lemhanas akan setara (secara kualitas) dengan intitusi di negara-negara maju yang berkaitan dengan pertahanan dan keamanan," katanya.

Sementara itu Gubernur Lemhanas mengatakan Lemhanas telah menyampaikan peta jalan yang akan ditempuh oleh lembaga itu untuk menuju intitusi kelas dunia.

"Presiden telah memberikan direktif mengenai butir-butir apa yang harus kami persiapkan," katanya.(G003)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011