Sabtu, 30 Agustus 2014

LPI Luncurkan Video Pelatihan Sepak Bola

Selasa, 9 Agustus 2011 02:37 WIB | 3.326 Views
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Bidang Kompetisi Liga Pendidikan Indonesia, Yeyen Tumena mengatakan, pihaknya segera meluncurkan video pelatihan sepak bola yang akan disebarluaskan ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

Rencananya, video yang berisikan trik dan tata cara bermain bola yang benar tersebut, mulai diproduksi pekan depan.

"Saat ini kami sedang dalam tahap akhir persiapan untuk membuat video. Sistem seperti ini kami adopsi dari Jepang," ujar Yeyen Tumena di Jakarta, Senin.

Yeyen mengatakan, ide pembuatan video berdurasi satu setengah jam tersebut muncul bersamaan dengan digulirkannya kembali Liga Pendidikan Indonesia Piala Presiden tahun pembinaan 2010/2011.

Video pelatihan yang mengadopsi sistem pembinaan usia muda di Jepang tersebut, rencananya bakal melibatkan sedikitnya 16 pesepakbola belia yang bermain di Liga Pendidikan Indonesia.

"Hal ini diharapkan bisa mengatrol talenta-talenta muda dalam kerangka pembinaan sepak bola modern, khususnya pembinanaan untuk usia dini," ujarnya.

Menurut mantan pesepak bola nasional tersebut, pembuatan video pelatihan yang akan disalurkan oleh Dinas Pendidikan Nasional itu akan melibatkan sejumlah tokoh sepak bola, hingga instruktur AFC, Emral Abus, dan pelatih Timnas U-16 Indra Syafri.

Pembuatan video akan dilakukan di Stadion World Accademi Sinar Mas, Bumi Serpong Damai, Tangerang.

Stadion World Accademi Sinar Mas memiliki fasilitas kelas satu dari mulai lapangan tertutup ("indoor") maupun terbuka ("outdoor").

"Kami akan melibatkan instruktur AFC langsung, Emral Abus, dan sejumlah pihak yang berkompeten lainnya. Pada episode pertama nanti akan lebih banyak ke `basic` (dasar) cara bermain sepak bola," paparnya

Nantinya, materi ini akan disebarkan, dan akan digunakan para guru olahraga di sekolah sebagai ujung tombak membangun karakter pesepak bola sejak usia muda, ujar Yeyen Tumena. (ANT132/C004/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © 2011

Komentar Pembaca