Palembang (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring mengatakan, pelaksanaan SEA Games XXVI khusunya di Sumatera Selatan harus dipromosikan ke sejumlah negara di Asia Tenggara secara maksimal.

Promosi itu penting supaya utusan sejumlah negara Asia Tenggara mendatang akan semakin tertarik berkunjung ke Sumsel, kata menteri usai berbuka puasa bersama di Palembang, Selasa.

Menteri Kominfo hadir ke Palembang serangkaian mengikuti safarai Ramadhan sekaligus bersilaturahim dengan Gubernur H Alex Noerdin dan sejumlah pejabat di lingkungan pemprov Sumsel.

Lebih lanjut dia mengatakan, sekarang ini sudah banyak utusan negara tetangga berkunjung ke Indonesia termasuk Sumsel, dan bila promosi lebih maksimal maka wisatawan mancanegara semakin banyak berkunjung ke daerah tersebut.

Oleh karena itu, SEA Games XXVI Indonesia tahun 2011 harus memiliki arti tersendiri terutama bagi negara peserta pesta olahraga se-Asia Tenggara mendatang, katanya.

Menurut dia, pihaknya juga telah berbicara dengan gubernur Sumsel untuk melakukan pendekatan kepada operator telekomunikasi untuk mempromosikan pesta olahraga akbar mendatang, yakni melalui media cetak dan elektronik.

Itu penting supaya pesta olahraga dua tahunan tersebut berlangsung meriah sekaligus sukses, kata dia pula.

Sebelumnya menteri mengatakan, SEA Games di Indonesia, 11-22 November 2011, yang mendapat kehormatan sebagai penyelenggara adalah Kota Palembang dan DKI Jakarta bermakna tersendiri terutama dalam meingkatkan kunjungan wisatawan.

Hal ini karena Kota Palembang memiliki daya tarik tersendiri antara lain di tengah-tengah kota tersebut dilintasi Sungai Musi, serta dipercantik dengan jembatan Ampera, bila ditata lebih baik lagi maka akan menarik bagi para wisatawan datang berkunjung ke sini.

Selain kunjungan wisatawan, para peserta SEA Games XXVI yang akan diikuti utusan dari 11 negara termasuk tuan rumah Indonesia, akan banyak manfaatnya bagi masyarakat terutama pemerintah daerah, tambah dia.

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, pihaknya siap menyelenggarakan pesta olahraga akbar mendatang dengan mempersiapkan fasilitas pendukung termasuk akomodasi.

Sekarang ini pembangunan fasilitas SEA Games sudah hampir rampung dan setelah itu akan dilaksanakan uji coba venues tersebut, tambah dia.(*)
(T.U005/M033)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011