juga buronan teroris berbahaya dunia. Pemerintah Amerika Serikat pun menghargai kepala Patek sebesar satu juta dolar AS....
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Ansyaad Mbai, mengatakan, Umar Patek yang adalah salah seorang otak Bom Bali I telah tiba di Indonesia.

Ketika dikonfirmasi di Jakarta, Kamis ia mengatakan teroris asal Pemalang, Jawa Tengah itu dibawa dari Pakistan dengan pengawalan ketat tim Detasemen Khusus Antiteror 88 Kepolisian Indonesia.

"Ya, sekarang sudah sampai di Indonesia," katanya.

Umar Patek menjadi buronan internasional dan ditangkap aparat keamanan Pakistan pada Maret 2011 .

Teroris yang memiliki nama alias Abdul Ghoni alias Abu Syeikh alias Umar Arab salah seorang otak pelaku bom bali I pada 2002 yang sampai saat ini belum tersentuh hukum.

Patek juga buronan teroris berbahaya dunia. Pemerintah Amerika Serikat pun menghargai kepala Patek sebesar satu juta dolar AS.

Umar Patek kabur dari Indonesia pada 2003 lalu dengan bantuan Abdullah Sonata dan organisasi Kompak pimpinannya.  Pada masa buron itu, dia sempat bergabung dengan Front Pembebasan Islam Moro, Filipina (MILF).

Menurut salah seorang aparat intelijen Pakistan seperti dikutip Kantor Berita AP, pemerintah Indonesia mengirimkan pesawat khusus untuk menjemput teroris berusia 41 tahun itu, di pangkalan udara Pakistan di luar kota Islamabad.

Ekstradisi terhadap Umar Patek telah dilansir pula sejumlah pejabat senior keamanan pemerintah setempat. (R018)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011