Cilacap (ANTARA News) - Seorang warga Desa Bajing RT 03 RW 09, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, menemukan sesosok mayat bayi dalam kardus yang tergeletak di pinggir jalan dekat rumahnya, Senin.

Informasi yang dihimpun, mayat bayi dalam kardus tersebut ditemukan Wahidah (35) sekitar pukul 06.00 WIB saat dia hendak pulang ke rumah setelah jalan-jalan pagi.

Dia mengaku melihat sebuah kardus tergeletak di pinggir jalan sebelah selatan rumahnya dan karena curiga segera membuka kardus yang ternyata berisi mayat bayi berpakaian lengkap dengan kain jarit.

Wahidah segera mengabarkan penemuan mayat bayi tersebut kepada warga sekitar yang selanjutnya dilaporkan kepada Kepolisian Sektor Kroya dan Puskesmas Kroya.

Petugas kesehatan Puskesmas Kroya yang tiba di lokasi sekitar pukul 06.30 WIB segera meminta mayat bayi tersebut untuk dibawa ke puskesmas.

"Kami minta mayat bayi tersebut dibawa ke puskesmas untuk mempermudah pemeriksaan," kata seorang petugas Puskesmas Kroya, Mainah.

Dari hasil pemeriksaan, kata dia, diketahui bayi tersebut berjenis kelamin laki-laki dan diduga telah meninggal dunia beberapa jam setelah dilahirkan sekitar tiga hingga empat hari lalu karena kondisi kulitnya telah mengelupas dan berwarna abu-abu.

Menurut dia, mayat bayi tersebut diduga lahir prematur dengan usia kandungan delapan bulan karena berat badannya hanya 1,1 kilogram dan panjang 36 centimeter.

"Proses kelahiran bayi diduga tanpa bantuan bidan karena tali pusarnya tersisa cukup panjang. Akan tetapi kami menduga ibunda bayi tersebut memahami proses persalinan karena tali pusar diikat dengan rapi menggunakan benang kasur," katanya.

Setelah menjalani pemeriksaan, kata dia, mayat bayi tersebut selanjutnya dimakamkan di Pemakaman Umum Gading Kroya. (ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011