Bandung (ANTARA News) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Unpad akan memulai rogram "Global E-School" dengan Sung Kyun Kwan University (SKKU) Korea Selatan pada September 2011.

"Saat ini kami sedang menentukan mekanisme penyeleksian untuk mahasiswa yang akan bergabung dengan program tersebut," ungkap Dekan Bidang Kemahasiswaan Fisip Unpad, Sonny Akhmad Nulhaqim, di Bandung, Selasa.

"Global E-School" merupakan salah satu program perkuliahan lintas negara yang memanfaatkan jaringan internet untuk penghubungnya. Proses perkuliahan akan berlangsung dengan menggunakan teknologi "teleconference" yang memungkinkan mahasiswa dan dosen dari negara yang berbeda untuk berinteraksi secara langsung.

Program ini ditujukan untuk Jurusan Ilmu Administrasi Publik, baik program reguler (S1) maupun pascasarjana (S2).

Program berlangsung selama 16 kali pertemuan dan akan diakui sebagai salah satu matakuliah di Fisip Unpad yang masuk ke dalam kredit semester dan penilaian untuk mahasiswa.

Mahasiswa yang mengikuti program ini juga akan mendapatkan sertifikat dari SKKU Korsel.

Menurut Sonny, standar materi yang akan digunakan merupakan standar yang biasa dipakai di SKKU Korsel.

"Dosen dan beberapa staf pengajarnya pun berasal dari SKKU," katanya.

Sonny menambahkan, pihak Fisip Unpad telah menentukan kriteria khusus untuk mahasiswa yang ingin bergabung dalam "Global E-School". Yakni mahasiswa harus memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris yang dibuktikan lewat skor TOEFL. Minimal skor untuk program S1, 450. Sedangkan program S2, 500.

Mahasiswa juga harus memenuhi nilai IPK yang ditentukan. Untuk program S1 minimal IPK 3.50, sedangkan program S2 minimal 3.00.

Rencananya kelas "Global E-School" ini akan dilaksanakan mulai awal September di Kampus Pascasarjana Fisip Unpad, Jalan Bukit Dago Utara, Bandung. (ANT)


Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011