Hong Kong (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Gempa dengan kekuatan 6,3 pada skala Richter mengguncang Kepulauan Vanuatu pada pukul 07.06 waktu Hong Kong, Kamis (06.34 WIB), demikian keterangan Hong Kong Observatory.

Pusat gempa mulanya ditetapkan pada 18,1 derajat Lintang Selatan dan 167,6 derajat Bujur Timur, demikian laporan Xinhua, yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis.

Sementara itu Lembaga Geofisika Peru (IGP) melaporkan gempa dengan kekuatan 7,0 pada skala Richter mengguncang bagian utara Peru Rabu tengah malam waktu setempat.

Menurut keterangan awal, tak ada laporan mengenai korban jiwa akibat gempa tersebut, tapi kerusakan terlihat, kata Lembaga Nasional bagi Pertahanan Sipil Peru di dalam satu pernyataan.

IGP menyatakan dua gempa susulan kecil terasa beberapa menit setelah gempa pertama, yang berlangsung antara lima dan 10 detik.

Pusat gempa tercatat sekitar 550 kilometer di sebelah timur-laut ibu kota Peru, Lima, dan 79 kilometer di sebelah utara kota kecil Pucallpa, yang berada di Provinsi Coronel Portillo di hutan Amazon Peru, dekat perbatasan Brazil, kata IGP.  (C003)   

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011