... tumbang begitu saja. Kebetulan korban sedang berada di bawah pohon itu...
Garut, Jawa Barat (ANTARA News) - Dia peziarah ini sulit diklasifikasikan "nasib"-nya. Semula ingin berziarah di makam, malah harus dirawat di rumah sakit gara-gara tertimpa satu pohon beringin besar yang roboh begitu saja. Kejadiannya di pemakaman umum, di Kampung Al Falah Biru, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu pagi.

"Pohon tumbang begitu saja. Kebetulan korban sedang berada di bawah pohon itu," kata Camat Tarogong Kidul, Aji. Desa Mekargalih, yang melingkupi kampung itu memang masuk ke wilayah Kecamatan Tarogong Kidul.

Kedua korban yakni Isah (50) dan Sopiah (25) luka-luka serius di beberapa bagian tubuhnya hingga harus dibawa ke RSUD Dr Selamat, Garut.

Korban mendatangi pemakanan untuk berjiarah di hari raya Lebaran itu kebetulan berada tidak jauh dari keberadaan pohon beringin tua tersebut. Makam itu sedang ramai didatangi orang yang berniat nyekar.

Kedua korban itu terlambat menghindari atau menyelamatkan diri saat menyadari pohon beringin itu roboh, sementara sejumlah warga lainnya berhasil menghindar. Tidak ada angin tidak ada hujan, roboh saja.

Menurutnya pohon beringinbesar dan tua itu tidak mampu menahan beban pohon. Kondisinya memang sudah rapuh sebagian.

Akibat peristiwa yang baru kali pertama terjadi di pemakaman itu, sejumlah masyarakat di lokasi kejadian langsung berkerumun dan memberikan bantuan kepada korban kemudian membawanya ke RSU Garut.

Sejumlah warga lainnya bergotong royong memotong dan membersihkan batang pohon yang rapuh itu agar kejadian serupa tidak menimpa korban lainnya yang datang ke kawasan pemamakaman. (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011