Kamis, 21 Agustus 2014

BMKG: waspada angin kencang landa Aceh

Jumat, 9 September 2011 19:41 WIB | 1.718 Views
Banda Aceh (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai kemungkinan hujan disertai angin kencang dan petir melanda sejumlah daerah di Aceh, terutama di pesisir barat dan selatan provinsi itu.

"Masyarakat perlu waspada kemungkinan hujan intensitas sedang yang disertai angin kencang dan petir dengan durasi singkat Aceh bagian barat dan timur," kata Kasi obeservasi dan informasi BMKG stasiun Blang Bintang Suprapto di Banda Aceh, Jumat.

Sehari sebelumnya (Kamis, 8/9) dilaporkan empat wilayah di Aceh dilanda hujan dan angin kencang yang mengakibatkan ratusan rumah dan fasilitas publik rusak, seperti di Aceh Selatan, Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh Jaya dan Aceh Utara.

Didampingi prakirawan BMKG Rahmad Tauladani, dijelaskan secara umum cuaca di daerah Aceh berawan dan berpeluang hujan ringan sampai dengan sedang pada sore atau malam hari akibat dari pengaruh Lokal.

Suprapto menjelaskan, angin ketinggian permukaan sampai 3000 feet umumnya bertiup dari arah barat daya sampai dengan barat laut dengan kecepatan antara 06-30 kilometer/jam.

Prakirawan BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai tinggi gelombang bisa mencapai tiga meter di perairan laut wilayah pesisir utara dan timur provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa tersebut.

"Tinggi gelombang yang mencapai tiga meter itu perlu diwaspadai terutama bagi kapal kecil dan nelayan tradisional," kata Suprapto.

Sementara tinggi gelombang diperairan laut pesisir sebelah barat dan selatan Aceh berkisar antara satu hingga 2,5 meter. 

(T.A042/B019)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © 2011

Komentar Pembaca
Baca Juga