Medan (ANTARA News) - Puluhan petugas dari Kepolisian Resor Kota (Polresta) Medan pada Sabtu masih siaga di beberapa lokasi di Universitas Sumatera Utara (USU), menyusul bentrokan antarkelompok mahasiswa pada Jumat malam di kampus itu.

"Hal itu dilakukan mengantisipasi meluasnya bentrokan antardua kelompok mahasiswa yang terjadi kemarin malam," kata Kepala Bagian (Kabag) Ketertiban dan Keamanan Universitas Sumatera Utara (USU), Muktar, di Medan, Sabtu.

Ia mengatakan, pihaknya sengaja memanggil pihak kepolisian untuk berjaga-jaga di kampus itu demi mengantisipasi adanya bentrokan susulan dari kedua kelompok.

Apalagi, ia menilai, memang saat ini sedang berlangsung berbagai acara penyambutan mahasiswa baru yang dilakukan mahasiswa senior di semua fakultas di universitas negeri tertua di Sumatera itu.

"Hari ini adalah hari terakhir acara penyambutan mahasiswa baru itu. Dari hasil rapat pimpinan fakultas, jam pulang mahasiswa juga dibedakan demi menghindarkan konsentrasi massa," katanya.

Bentrokan dua kelompok mahasiswa dari dua fakultas yang berbeda tersebut Jumat pagi, berawal dari saling ejek mahasiswa.

Saling ejek tersebut berlanjut dengan saling lempar batu antardua kelompok mahasiswa dari Fakultas Pertanian dengan mahasiswa dari Fakultas Teknik Mesin.

"Kejadian kemarin malam cepat diantisipasi. Namun, hari ini kita tetap siaga siapa tahu kejadian itu berulang. Satpam kita juga terus kita siagakan dibeberapa lokasi di USU," katanya.
(T.KR-JRD/Z002)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011