Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah ilmuwan dari Inggris dan Belanda mencoba untuk mengembangkan sebuah metode yang menggunakan Clostridium sporogenes (bakteri tanah) untuk mengobati penyakit kanker dan tumor.

Seperti dikutip dari BBC Clostridium merupakan salah satu bakteri yang normalnya hidup di tanah, atau hidup di tempat yang rendah kadar oksigennya. Para peneliti menggunakan karakter bakteri itu untuk memaksimalkan tugas obat bagi pembunuh sel kanker di dalam tubuh.

Sebelum memasukan bakteri ke dalam tubuh pasien, para peneliti akan melakukan teknik genetik dari bakteri untuk menghasilkan enzim yang spesifik yang memiliki kemampuan untuk mengaktifkan obat kanker yang dikonsumsi oleh para pasien.

Berdasarkan pendalaman dari para peneliti pada konferensi di York University, Spora dari bakteri itu akan tumbuh di dalam tumor pasien. Spora hanya tumbuh pada tumor yang padat yang memiliki kadar oksigen rendah seperti payudara, prostat,dan tumor otak.

Temuan ini merupakan sebuah hasil dari penelitian berdekade lamanya guna melihat kemungkinan Clostridium untuk bekerja memaksimalkan obat kanker. "Ini merupakan sebuah fenomena yang sepenuhnya alami, yang tak merusak  jaringan lain yang sehat," kata profesor Nigel Minton dari Universitas Nottingham.

"Clostridium merupakan sebuah kelompok dari bakteri kuno yang hanya hidup dalam kondisi minim oksigen," ujar Professor Nigel Minton yang memimpin penelitian itu. "Kami dapat menggali kespesialisasian ini untuk membunuh sel -sel tumor tetapi tetap menjaga jaringan lainnya tetap aman," katanya.
(yud)

 

Penerjemah: Yudha Pratama Jaya
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011