Jayapura (ANTARA News) - Tim Sepak Bola asal Irak Arbil SC mengalahkan rumah Persipura Jayapura dengan skor 2-1 dalam lanjutan babak perempat-final laga AFC di stadion Mandala Jayapura, Selasa.

Gol tim Arbil SC diciptakan Nabel Sabah menit ke-17 dan Muslim Mubarak menit ke-70. Sementara gol balasan Persipura Jayapura diciptakan Zah Rahan menit ke-81.

Kedua tim langsung menampilkan permainan menyerang setelah wasit Peter Green asal Australia membunyikan peluit tanda babak pertama dimulai.

Tim Persipura langsung membuka peluang lewat kapten Boas Solossa, namun bola masih melebar disebelah kanan gawang Mohamed Kasid, dan hanya menghasilkan tendangan sudut, setelah bola mengenai pemain lawan.

Tim tamu lewat pemain sayapnya, namun belum bisa melewati kokohnya pertahanan Persipura.

Pada menit ke-13 wasit harus memberikan kartu kuning kepada Muslim Mubarak, pemain Arbil SC bernomor punggul 10 karena dengan sengaja menahan bola dengan tangan.

Selang empat menit kemudian pemain nomor punggung 17 tim Arbil SC, Nabeel Sabah mengejutkan tuan rumah dengan golnya, setelah berhasil melepaskan tendanagn keras yang gagal dihadang kiper Yoo Jae Hoon.

Ketinggalan satu gol membuat anak-anak Persipura menaikkan tempo permainan dan Boas Solossa mendapat peluang emas menit ke-25, namun tendangannya masih melebar, padahal ia sudah berhadapan dengan kiper.

Persipura terus mendapat peluang emas, tapi penyelesaian akhir dan penampilan apik kiper Arbil SC membuat tuan rumah gagal mencetak gol balasan.

Berbagai peluang emas juga berhasil diciptakan pemain depan tim tamu, tapi karena kurang tenang, peluang tersebut gagal menghasilkan gol.

Hingga kedua tim memasuki ruang ganti pemain pada babak pertama, tim Arbil SC masih unggul 1-0 atas Persipura.

Memasuki babak kedua, tim Persipura kembali tampil menyerang guna mengejar ketinggalan melalui serangan frontal dari berbagai lini yang terus diperagakan oleh tim asuhan pelatih Jacksen Tiago itu.

Namun banyak peluang yang tak bisa dimaksimalkan menjadi gol dan sebaliknya melalui serangan balik cepat, tim tamu Arbil SC justru berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0, melalui pemain depan Muslim Mubarak di menit ke-70.

Ketinggalan dua gol membuat Persipura keluar menyerang dan Jaksen Tiago memasukan penyerang Tinus Pae, David Lali dan Lukas Mandowen menggantikan Manu Padwa, Ricardo Salampessy dan Ian Kabes, untuk pertajam serangan.

Hasilnya, Persipura berhasil memperkecil ketinggalan lewat gol Zah Rahan menit ke-81, lewat tendangan kerasnya.

Meski terus mendapat peluang menciptakan gol pada pertandingan yang juga disaksikan Ketua Umum PSSI Johar Arifin itu, tuan rumah Persipura harus mengakui keunggulan tim tamu dengan skor 1-2.

Dengan hasil ini peluang Persipura lolos ke babak selanjutnya semakin sulit karena pada laga berikutnya, tim berjuluk Mutiara Hitam itu akan bertandang ke markas Arbil SC.
(KR-MBK/A032)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011