Jakarta (ANTARA News) - Ganda putra unggulan delapan Alvent Yulianto-Hendra Aprida Gunawan langsung tersisih pada putaran pertama China Masters Super Series, Rabu, setelah kalah oleh pasangan Jepang Hirokatsu Hashimoto-Noriyasu Hirata 20-22, 13-21.

Alvent-Hendra, pasangan peringkat delapan dunia, unggul 20-19 lebih dulu pada game pertama namun akhirnya kehilangan game tersebut saat pasangan Jepang memenangi tiga poin beruntun dan menang 22-20.

Salah satu dari tiga ganda putra yang disiapkan untuk SEA Games 2011 itu juga unggul hingga 9-5 pada awal game kedua, namun setelah lawan mereka meraih enam poin beruntun dan membalik keadaan, pasangan Indonesia itu terus tertinggal hingga menyerah 13-21.

"Anginnya kencang, dan kami tidak bisa menguasai lapangan jadi gampang mati-mati sendiri. Tadi mainnya tidak normal," ujar Alvent yang dihubungi usai pertandingan di Changzhou, China.

Alvent mengakui bahwa pasangan lawan lebih siap menghadapi pertandingan tersebut dibanding dia dan pasangannya. "Lawan lebih siap dan lebih menguasai lapangan," katanya.

Langkah Ganda campuran Pelatnas Muhammad Rizky Delynugraha-Richi Dili Puspita juga terhenti pada putaran pertama setelah kalah oleh unggulan delapan Thomas Laybourn-Kamilla Rytter Juhl dari Denmark 12-21, 13-21.

Pertemuan pada turnamen berhadiah 200.000 dolar AS itu adalah pertemuan pertama kedua pemain.

Sementara itu, ganda putri Vita Marissa-Nadya Melati bangkit dari ketertinggalan pada game pertama untuk mengalahkan pasangan Inggris Jenny Wallwork-Gabrille White 19-21, 21-18, 21-11.

Vita-Nadya selanjutnya akan melawan pasangan Jepang unggulan ketiga Mizuki Fujii-Reika Kakiiwa yang mendapat bye pada putaran pertama untuk memperebutkan satu tempat di perempat final.

Juara Olimpiade Beijing 2008 Markis Kido-Hendra Setiawan juga maju ke putaran kedua setelah mengalahkan pasangan Taiwan Lee Sheng Mu-Fang Chieh Min 21-16, 21-13.

Unggulan ketujuh tersebut selanjutnya akan melawan pemenang pertandingan antara pasangan China Hong Wei-Shen Ye dengan Liao Min Chun-Wu Chun Wei yang bertanding Kamis petang.
(F005)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011