Milan (ANTARA News/AFP) - Utang publik Italia naik menjadi 1,911 triliun euro (2,6 triliun dolar Amerika Serikat/AS) pada Juli, demikian data bank sentral Italia (BoI) pada Rabu, sebulan setelah melewati batas 1,9 triliun euro untuk pertama kalinya.

BoI tidak merilis rasio utang baru terhadap produk domestik bruto, standar yang mengukur batas-batas utang publik negara zona euro.

Utang publik di zona euro secara hukum diatur untuk tetap di bawah 60 persen dari produk domestik bruto (PDB). Pada sekitar 120 persen, tingkat utang Italia adalah dua kali lipat dengan proyeksi pemerintah turun menjadi 119,4 persen dari PDB tahun depan.

Beban utang yang besar merupakan kekhawatiran utama bagi investor meskipun defisit anggaran tahunan Italia, yang 4,6 persen pada 2010, lebih rendah dari negara-negara Eropa lainnya.

Pada Rabu, anggota parlemen Italia menetapkan untuk meloloskan 54,2 miliar euro sebagai tindakan anggaran darurat yang dimaksudkan untuk membantu membawa anggaran yang seimbang pada 2013.

Meskipun pemotongan dan tindakan diumumkan oleh Bank Sentral Eropa di pasar obligasi negara untuk menurunkan biaya pinjaman Italia, suku bunga pada utang Italia meningkat tajam selama penerbitan obligasi pada Senin dan Selasa pekan ini.
(Uu.A026/B012)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011