Paris (ANTARA News) - Manchester United dan saingan sekotanya Manchester City gagal meraih kemenangan awal pada Liga Champions, Rabu, ketika keduanya ditahan imbang 1-1 masing-masing oleh Benfica dan Napoli berturut-turut.

Napoli setidaknya mampu merebut satu poin tandang, lebih baik dibanding rival mereka dalam Serie A dan juara 2010 Inter Milan, yang menderita kekalahan kandang 0-1 di tangan debutan Liga Champions asal Turki Trabzonspor.

Trabzonspor adalah satu-satunya tim dalam babak grup yang masuk karena Fenerbahce dicoret akibat skandal pengaturan pertandingan dalam kompetisi domestik.

Tidak ada masalah serupa bagi mantan juara lainnya Bayern Munich dan Real Madrid setelah tim asal Jerman itu memastikan kemenangan tandang 2-0 di Villarreal sementara Real menundukkan Dinamo Zagreb 1-0.

City sejak awal melaju ke depan, menahan Napoli di belakang ketika Edin Dzeko dan Samir Nasri mengancam sejak dini.

Akan tetapi, tim tamu bahkan semakin dekat untuk memecah kebuntuan ketika Ezequiel Lavezzi melampaui Vincent Kompany dan melepaskan usaha keras sejauh 25 yard, namun membentur sudut antara mistar dan tiang gawang.

Pemain tengah City asal Pantai Gading Yaya Toure - juara Liga Champions bersama Barcelona - melakukan aksi  individual pada babak pertama ketika ia menerima bola dan melaju ke lapangan Napoli, bekerja sama dengan Sergio Aguero, sebelum menembakkan tendangan jarak jauh namun memantul mistar gawang.

Napoli unggul lebih dulu melalui usaha brilian ketika Edinson Cavani menyorongkan bola ke gawang setelah namun disamakan kedudukannya oleh Aleksander Kolarov beberapa menit kemudian melalui tendangan bebas.

United juga mengawali pertandingan dengan baik melawan Benfica tetapi finalis musim lalu itu gagal memanfaatkan peluang mereka, yang diperoleh penyerang asal Paraguay Oscar Cardoso tidak melakuan kesalahan untuk memecah kebuntuan bagi tim ruan rumah.

Cardoso mengendalikan umpan bagus Nicolas Gaitan dan menyarangkannya dari tepi kotak penalti.

United menyamakan kedudukan menjelang turun minum melalui Ryan Giggs ketika ia memotong dari kanan dan mencetak gol dari luar kotak penalti. Pemain berusia 37 tahun 289 hari itu memperbaiki catatan pribadinya yang dibuat pada April.

Pemain asal Wales itu juga mencatat tolok ukur lain, menghasilkan penampilan ke-16 dalam Liga Champions yang didalamnya ia mencetak gol, memecahkan catatan sebelumnya yang ia bagi dengan mantan pemain Real Madrid Raul.

Inter tidak mampu menembus pertahanan Trabzonspor dan tim tuan rumah kalah ketiga bek kanan asal Ceko Ondrej Celustka memberi tuan rumah keunggulan pada babak kedua, ketika tendangannya melewati Julio Cesar setelah tendangan voli Halil Altintop memantul gawang.

Real menafaatkan waktu untuk menegaskan otoritas mereka atas tim tuan rumah, klub Kroasia Dinamo Zagreb, yang tampil pertama kali dalam kompetisi tersebut dalam 11 tahun, hingga pemain sayap asal Argentina Angel di Maria membobol gawang pada menit ke-53.

Bayern Munich - yang lebih termotivasi dibanding biasanya untuk memenangi edisi musim ini karena finalnya akan digelar di kandang mereka - membuat mimpi awal mereka di Villarreal ketika pemain nasional Jerman Toni Kroos menyarangkan bola.

Mereka menambahkan gol kedua melalui pemain cadangan 15 menit menjelang usai. Juara Prancis Lille - yang diperkuat Joe Cole dari bangku cadangan pada babak akhir - kehilangan keunggulan 2-0 saat mereka ditahan imbang 2-2 di kandang oleh CSKA Moscow.

Lille sepenuhnya mengendalikan permainan pada menit ke-57 setelah gol dari Moussa Sow dan Benoit Pedretti namun dua gol dari Seydou Doumbia memberi tim asal Rusia poin yang tidak ternilai.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011