... mengimbau, kaum hawa tidak mengenakan rok mini saat naik angkutan kota...
Jakarta (ANTARA News) - Fauzi Bowo meminta agar kaum perempuan yang menggunakan sarana transportasi angkutan umum saat berpergian hendaknya tidak menggunakan rok mini.

Agar jangan memancing orang berlaku asusila pada perempuan itu, kata dia.

Sistem pengamanan, kata gubernur DKI Jaya itu, pria yang disapa Foke, di angkutan umum perlu ditingkatkan dan menjadi catatan untuk dibahas bersama aparat Dishub DKI dan Polda Metro Jaya.

Kasus pemerkosaan yang menimpa karyawati di angkutan umum tidak hanya terjadi di ibukota, tapi hampir di semua kota besar.

"Saya mengimbau, kaum hawa tidak mengenakan rok mini saat naik angkutan kota," katanya,  kepada wartawan usai salat Jumat di Balaikota, menanggapi kasus pemerkosaan di dalam angkot yang menimpa karyawati.

Selain itu, ia meminta agar para kaum hawa yang mengendarai sepeda motor agar tidak menggunakan celana pendek yang ketat. Hal ini sama, karena dianggap bisa memancing tindak pelecehan seksual atau malah perkosaan.

Foke meminta juga agar warga yang hendak berpergian tidak memakai perhiasan secara berlebihan.

"Pemakaian perhiasan secara berlebihan saat menggunakan angkutan umum juga bisa memancing pelaku untuk melakukan aksi criminal," katanya.  (ANT-306)



Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011