Bandung (ANTARA News) - Direktorat Seni Pertunjukan Dirjen Nilai Budaya, Seni dan Film Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata akan menggelar Festival Nasional Kesenian Tari Nusantara di Gedung Kesenian Jakarta pada 20-22 September.

"Festival kesenian tari ini akan diikuti perwakilan dari 33 provinsi di Indonesia yang menggelar karya seni tari tradisi atau peristiwa budaya yang berakar dari kearifan lokal," kata Matdon, dari Multi Arta Event di Bandung, Minggu.

Kegiatan itu diharapkan mampu mendorong generasi muda untuk mengenal dan menghargai keanekaragaman seni budaya Indonesia sekaligus mendorong ekonomi kreatif yang bisa meningkatkan taraf hidup seniman dan masyarakat sekitarnya.

Festival yang digagas Sulistyo S Tirtokusumo itu selain menampilkan koreografer andal, juga akan memamerkan bahan publikasi dan promosi dari materi yang difestivalkan, penulisan deskripsi seni dan saresehan.

Kategori pemenang dalam festival ini adalah penata tari terbaik, penata musik terbaik, penata artistik terbaik, penulis deskripsi terbaik dan publikasi terbaik.

"Kegiatan festival ini sangat penting untuk menciptakan suasana yang kondusif bagi penciptaan dan penikmat karya seni tari," kata Nunki Kusumastuti, dosen jurusan tari IKJ.(*)

S033/S016

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011