Sofia (ANTARA News) - Legenda sepak bola Jerman Lothar Matthaeus dipecat dari posisinya sebagai pelatih Bulgaria, Senin, menyusul kegagalan tim nasional mereka ke Euro 2012.

"Ada banyak alasan untuk melepaskan Matthaeus, bukan hanya hasil buruk pada pertandingan terakhir. Tekanan dan perasaan negatif juga memenuhi tim, sehingga perubahan diperlukan," kata presiden BFU Borislav Mihaylov, lapor AFP.

Gelandang legendaris Jerman yang kini berusia 50 tahun itu merupakan pelatih asing pertama yang menjadi pelatih Bulgaria, saat dia ditunjuk pada September tahun lalu.

Tapi bagaimanapun juga Matthaeus membuat Bulgaria kehilangan tempat untuk putaran final yang akan digelar di Ukraina dan Polandia, dengan hanya menang satu kali dan mengantongi lima poin dari tujuh pertandingan di kualifikasi Grup G.

Dalam sejumlah wawancara, Matthaeus menyalahkan buruknya disiplin dan kurangnya kemauan untuk menang di antara para pemain sebagai alasan penampilan buruk timnya.

Namun sebelumnya dia berharap bisa memperbarui kontraknya, yang semula dijadwalkan berakhir November, untuk membawa Bulgaria pada kualifikasi Piala Dunia 2014. (I015/Z002)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011