Washington (ANTARA News) - Utang Yunani akan meningkat hingga 189,1 persen dari produk domestik bruto (PDB) tahun depan, Dana Moneter Internasional mengatakan Selasa, jauh lebih tinggi dari proyeksi pada Juni sebesar 172 persen.

IMF tidak menjelaskan alasan untuk angka yang lebih tinggi tersebut, terdapat dalam laporan baru mengenai ketidakseimbangan fiskal global, lapor AFP.

Namun tingkat utang Athena adalah isu penting dalam perundingan IMF-Uni Eropa untuk meluncurkan dana baru dalam bailout (dana talangan) Yunani 110 miliar euro (150 miliar dolar AS).

IMF memperkirakan beban utang akan turun menjadi 187,9 persen dari PDB pada 2013. Angka tahun ini ditempatkan di 165,6 persen dari PDB.

Dana juga merevisi naik perkiraan defisit fiskal Yunani tahun ini menjadi 8,0 persen dari PDB, turun menjadi 6,9 persen pada tahun depan.

Pada Senin, IMF memperingatkan Yunani untuk meningkatkan penghematan anggaran untuk memperoleh dana penyelamatan dan menghindari kebangkrutan serta gejolak zona euro awal bulan depan.

IMF mengkritik Yunani untuk membuang-buang waktu, berada di belakang target dengan privatisasi dan untuk memungkinkan momentum reformasi menjadi melambat. (A026/A027)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011