Peshawar, Pakistan (ANTARA News) - Sedikitnya 15 gerilyawan tewas Sabtu dalam bakutembak dengan tentara di sebuah distrik di Pakistan baratlaut yang bergolak, kata pejabat keamanan.

Bentrokan senjata sehari lamanya itu dekat bukit Kharkai, di distrik Lower Dir di Lembah Swat yang pernah diduduki Taliban, mulai ketika tentara mendekati puncak bukit strategis untuk mendirikan pos, kata seorang pejabat keamanan.

"Lebih dari 15 gerilyawan tewas dalam bentrokan dengan pasukan keamanan," kata pejabat itu.

"Satu tentara tewas dan tiga yang lainnya terluka," katanya.

Seorang pejabat lainnya memastikan pertempuran itu dan korbannya.

Pekan lalu seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya di distrik yang sama saat orang-orang yang berduka berkumpul di sebuah tempat terbuka di kota Jandol untuk menghadiri acara pemakaman.

Lebih dari 4.600 orang telah tewas di Pakistan akibat serangan-serangan yang dipersalahkan pada Taliban dan gerilyawan lainnya di wilayah suku itu sejak tentara pemerintah menyerang sebuah masjid kelompok garis keras di Islamabad pada 2007.

Pada 2009, 30.000 tentara Pakistan berperang melawan gerilyawan Taliban yang selama dua tahun telah meneror masyarakat dengan aksi pemenggalan, kekerasan dan serangan pada anak-anak sekolah perempuan di Swat dan bagian-bagian Dir.

Militer menyatakan wilayah itu telah dikuasai kembali pada Juli tahun itu dan mengatakan gerilyawan semuanya tewas, tertangkap atau melarikan diri, demikian AFP melaporkan.

(SYS/S008)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011