Sabtu, 1 November 2014

Mengapa olah raga pagi lebih baik?

| 4.181 Views
id olah raga, berlari
Mengapa olah raga pagi lebih baik?
Seorang ayah bercanda dengan anaknya di atas sepeda mereka masing-masing saat melintas di jalan Jenderal Sudirman yang dikosongkan untuk olahraga pagi (FOTO ANTARA/Fanny Octavianus )
Jakarta (ANTARA News) - Olah raga di pagi hari memiliki banyak tantangan, seperti kita harus bangun pagi. Anda bisa mulai mencoba untuk berolah raga di pagi hari, karena ada banyak manfaat yang anda dapatkan.

Selain sinar matahari yang masuk ke retina mata di pagi hari. Olah raga pagi membantu untuk mengawali fungsi metabolis seperti memicu keluarnya hormon yang mempengaruhi nafsu makan, tekanan darah dan siklus bangun dan tidur.

Dan inilah manfaat lain yang bisa anda dapat dengan berolah raga di pagi hari, seperti dikutip dari Livestrong :

1. membantu orang lebih konsisten dalam berolah raga.

Secara umum ada sedikit masalah yang terjadi di pagi hari yang jarang menemui masalah, dibandingkan jika seseorang berolah raga di sore hari atau setelah pulang kerja. Juga banyak orang yang sudah merasa lelah bekerja sehingga kecenderungannya untuk tidak berolah raga lebih besar.

2. mendapat banyak energi.

Berolah raga di pagi hari akan memperbaiki mood dan energi anda selama beberapa jam kedepan. Kondisi ini membantu orang untuk lebih siap menghadapi tantangan bekerja atau menghadapi apapun selama seharian. Olah raga di malam hari akan membuat suhu tubuh meningkat dan dapat mengganggu tidur.

3. Lebih baik dalam membakar kalori.

Setelah berolah raga tubuh masih akan membakar kalori pada tingkat yang lebih tinggi karena hal itu masih melakukan aktivitas fisik lainnya. Sambil bekerja, tubuh akan menggunakan energi lebih efisien dan akan lebih membentuk massa otot.

4. Pusat kebugaran tak ramai

Kebanyakan orang akan pergi ke gym atau pusat kebugaran selama sore atau siang hari sehingga dengan banyak orang terkadang membuat seseorang mengantre untuk menggunakan peralatan olah raga yang ada. Di pagi hari, anda tak butuh menunggu jika anda ingin menggunakan peralatan itu dan berolah raga akan lebih efektif.(yud)

Editor: AA Ariwibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar Pembaca
Baca Juga