Rabu, 30 Juli 2014

Medco hentikan pengeboran di Muara Enim

Senin, 26 September 2011 18:10 WIB | 2.117 Views
Medco hentikan pengeboran di Muara Enim
Jakarta (ANTARA News) - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menghentikan sementara pengeboran di sumur Lagan Deep-1 yang terletak di Desa Ujan Mas Lama, Muara Enim, Sumatera Selatan, karena terjadi aliran gas yang tidak terduga.

Direktur Utama Medco, Lukman Mahfudz, menjelaskan hal itu dalam penjelasan resminya di Jakarta..

Ia mengungkapkan, pada 13 September 2011 sekitar pukul 23.00 WIB, sumur Lagan Deep-1 mengalirkan gas yang tidak terduga yang timbul ketika proses pengboran sumur Lagan baru mencapai kedalaman sekitar 800 meter (2.678 kaki) dari rencana kedalaman akhir 3.500 meter (11.500 kaki).

"Kami telah melakukan pemompaan material penyumbat, namun sumur terus mengalami aliran gas yang tidak terduga disertai munculnya aliran fluida ke permukaan titik sumur," ujar Lukman.

Pada peristiwa itu, menurut Lukman, tidak menimbulkan korban jiwa, korban luka, maupun kerusakan fasilitas dan kebakaran. Seluruh personel di lokasi pengeboran dipindahkan ke tempat yang lebih aman, serta dilakukan pengamanan terhadap area sumur.

"Dari hasil indentifikasi diketahui bahwa aliran gas maupun fluida yang keluar dari sumur tersebut menunjukkan tidak beracun dan tidak berbahaya," katanya.

Sumur itu terletak kurang lebih dua kilometer dari permukiman penduduk, sehingga tidak berdampak bagi masyarakat setempat.

"Sampai dengan dikeluarkannya laporan ini, perseroan terus berupaya mengembalikan kondisi sumur menjadi normal," katanya menambahkan.
(Tx.KR-TRT/B008)

Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © 2011

Komentar Pembaca
Baca Juga