Jakarta (ANTARA News) - Lembaga kebudayaan Prancis di Indonesia yang kerap dikenal dengan nama Centre Culturel Francais atau CCF, pada saat ini telah berubah nama menjadi IFI-Institut Francais d`Indonesie.

Siaran pers IFI yang diterima di Jakarta, Selasa, menyebutkan, perubahan nama tersebut dikarenakan oleh proses penyeragaman nama seluruh lembaga Prancis di dunia yang berpusat pada Institut Francais (IF).

Sementara perubahan nama di Indonesia adalah dari CCF menjadi Institut Francais d`Indonesie/IFI sedangkan alamat dari kantor pusat dan cabang tidak mengalami perubahan.

Kantor pusat IFI, sebagaimana CCF terdahulu, terletak di Jalan Salemba Raya No 25, Jakarta Pusat, sedangkan kantor cabang adalah di Jalan Wijaya I No 48, Jakarta Selatan.

Sedangkan pada tahun 2012, perubahan nama menjadi IFI juga akan diikuti pula oleh ketiga cabang di luar Jakarta yaitu di Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta.

Alamat situs resmi untuk IFI terdapat di www.institutfrancais-indonesia.com. Selain itu, informasi tentang IFI juga dapat dilihat di facebook dan twitter.

Menurut ensiklopedia dunia maya Wikipedia, Institut Francais adalah termasuk etablissement public a caractere industriel et commercial (EPIC).

EPIC merupakan kategori dari lembaga publik di Prancis yang meliputi antara lain beberapa institut penelitian dan operator infrastruktur.

Pada 2010, Parlemen Prancis membuat asosiasi untuk beragam organisasi nonpemerintahan dan mengalihkan tugas yang diembannya dari Kementerian Luar Negeri Prancis menjadi korporasi publik (EPIC) yang disebut Institut Francais.***6***

(Tz.M040/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011