... peluncuran televisi online satu-satunya yang digarap siswa SMA itu merupakan terobosan dari para murid...
Denpasar (ANTARA News) - Siswa SMAN 3 Denpasar meluncurkan MPTV online atau televisi berjejaring yang dapat diakses dan disaksikan oleh seluruh orang di dunia.

"Televisi online secara resmi kami luncurkan sejak Jumat (30/9), begitu juga dengan siaran perdananya yang menarik berbagai orang di seluruh dunia," kata Made Pradnyawati Chania, penggagas MPTV online tersebut di Denpasar, Sabtu.

Dia menjelaskan, peluncuran televisi online satu-satunya yang digarap siswa SMA itu merupakan terobosan dari para murid yang tergabung dalam ekstrakulikuler Madyapadma Journalistic Park.

Sebelumnya, tambah Pradnyawati, pihaknya juga telah sukses meluncurkan televisi kabel dengan program siaran yang merupakan garapan para siswa pada kegiatan ekstra tersebut.

"Pada hari pertama peluncuran televisi online, cukup banyak penonton program perdana yang kami suguhkan," ujarnya menjelaskan.

Para penonton itu, tidak hanya para alumni yang berada di berbagai kota di Tanah Air, namun juga dari luar negeri, seperti Inggris dan Amerika Serikat.

Pradnyawati mengatakan, televisi tersebut dapat disaksikan di www.blogtv.com/people/mptv-online.

Dia menambahkan, adapun acara yang terdapat pada televisi ini berupa film dokumenter, jelajah wisata, ici-icip kuliner dan film cerita yang juga garapan dari siswa yang tergabung di Madyapadma Journalistic Park.

Menurut Pradnyawati, gagasan tentang televisi tersebut sebetulnya telah muncul sejak tahun lalu, namun baru direalisasikan tahun ini.

Hal itu karena, ujar dia, cukup banyak kendala yang harus dihadapi, antara lain koneksi yang cukup lambat serta belum adanya studio siaran yang tetap.

"Saat ini untuk menyiarkan program kami hanya menggunakan studio sementara yang berada di dalam lingkungan sekolah," katanya. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011