Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Panitia Pusat SEA Games (Inasoc) Rita Subowo mengaku optimistis bahwa pelaksanaan pesta olahraga se-Asia Tenggara ke-26 di Indonesia dapat berjalan dengan baik.

"Kami optimistis, semua dapat berjalan dengan baik," kata Rita Subowo usai melaporkan perkembangan persiapan SEA Games ke-26 di Jakarta dan Palembang pada 11-22 November 2010 kepada Wakil Presiden Boediono di kantornya di Jakarta, Senin.

Rita yang juga Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia datang ke kantor Wapres bersama Ketua Harian Inasoc Rahmat Gobel dan juga pengusaha Erik Tohir.

Menurut Rita, dirinya melaporkan bahwa sampai dengan saat ini masalah persiapan SEA Games sesuai dengan rencana.

Ia mengatakan, olahraga biliar akan dipindah tempat, namun lokasinya tetap di Palembang. Sementara pembangunan untuk lapangan voli pantai juga terus membaik.

"Voli pantai saat ini pasirnya sudah ada. Kolam renang, walau sekarang berantakan, tapi insyaalah selesai pada waktunya," katanya.

Ketua Harian Inasoc Rahmat Gobel ketika ditanyakan terkait dengan persiapan SEA Games hanya menjawab singkat,"Kita doakan saja".

Sementara itu, hingga saat ini, belum semua venue dinyatakan selesai untuk pertandingan SEA Games yang digelar di Palembang dan Jakarta tersebut. Pembangunan venue di Palembang masih terus berjalan, padahal kini tinggal menyisakan satu bulan lagi.

Penyelesaian persiapan SEA Games ke-26 molor dari sebelumnya. Pada Januari 2011, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng mengatakan, Agustus semua persiapan sudah selesai. Namun hingga kini masih ada yang harus dibangun.

Sementara itu, pada hari Selasa (27/9), Kementerian Pemuda dan Olahraga telah menandatangani nota kesepahaman "block grant" dengan Inasoc sebesar Rp518 miliar. Dana tambahan untuk pelaksanaan SEA Games sebesar Rp518 miliar berasal dari APBNP dan segera cair.

(M041/I007)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011