Senin, 22 Desember 2014

10 hal tentang tokoh Apple Steve Jobs

| 7.250 Views
id steve jobs, apple
10  hal tentang tokoh Apple Steve Jobs
Foto Steve Jobs tampil dalam halaman utama situs web Apple sesaat setelah meninggalnya salah satu pendiri sekaligus mantan CEO Apple Inc itu, Rabu (5/10). Jobs, yang menjadi salah satu CEO Amerika terbaik dalam generasinya, meninggal dunia pada usia 56 tahun setelah bertahun-tahun berjuang melawan kanker dan masalah kesehatan lainnya. (FOTO ANTARA/REUTERS/Mike Blake/ox/11.)
"Bagi mereka yang cukup beruntung untuk bisa bekerja dengannya, hal itu merupakan kehormatan yang sangat besar. Saya akan merindukan sekali Steve."
Jakarta (ANTARA News) - Sepuluh hal tentang mendiang sosok dibalik sukses Apple, Steve Jobs, seperti dikutip dari Hollyscoop :

  1. Drop out dari kampus : Seperti Mark Zuckerberg yang drop out)dari Harvard untuk membuat Facebook, Steve jobs memiliki kegiatan yang lebih baik ketimbang kuliah. Ia berkuliah di Reed College di portland, Oregon, tetapi keluar setelah 6 bulan. dan setahun kemudian ia mendirikan Apple.
  2. menyukai LSD : Setelah keluar dari kampus, ia pergi ke India, dan menjadi seorang pengikut Buddha, dan bereksperimen dengan obat kejiwaan LSD. Jobs menggambarkan pengalaman dengan LSD sebagai "satu dari dua atau tiga hal paling penting yang pernah ia lakukan dalam hidupnya."
  3. Ia anak adopsi : ibu biologis Steve Jobs menyerahkan Jobs yang saat itu baru berumur sepekan. Ibu biologis Jobs ketika itu belum menikah dan  masih kuliah. Jobs kemudian diadopsi oleh sepasang suami istri Armenia, Paul dan Clara Hagopian. Di tahun 90an ia memutuskan untuk melacak adik perempuannya  dan akhirnya berjumpa pada usia 27. Adiknya, Mona Simpson, merupakan penulis sukses dan professor di UCLA.
  4. Jobs penganut Buddha : Ia merupakan seorang penganut kuat Zen Buddha dan hampir bergabung tinggal di biara dan menjadi biksu. Ia menikah dalam sebuah tradisi Buddha oleh seorang biksu Zen yang menjadi guru pribadinya.
  5. Ia mendirikan Pixar : Jobs begitu sukses dengan Apple dan banyak orang belum tahu bahwa di tahun 1986 Steve Jobs membeli studio animasi Pixar seharga 5juta dolar. Dia menambah 5 miliar dolar agar studio itu bisa  bereksperimen dengan animasi. Jobs juga satu-satunya orang yang bertanggung jawab atas penjualan Pixar kepada Disney hampir 20 tahun kemudian.
  6. Ia seorang Playboy : Sebelum Jobs menikahi istrinya Laurene Powell di tahun 1991, ia mengencani bintang Hollywood (pada saat itu) seperti Dianne Keaton dan Joan Baez. Ia juga punya anak dari Chrisann Brennan tetapi menolak bertanggung jawab dan mengaku steril namun kemudian ia mengakuinya.
  7. Memberi sambutan wisuda : Meski ia drop out dari kampus, ia kemudian diundang untuk memberikan pidato wisuda di Stanford untuk tahun kelulusan 2005. Pidatonya merupakan salah satu yang paling inspirasional dalam sejarah masa kini yaitu agar siswa masuk dunia kerja dengan melakukan hal yang disukai, seperti juga dia lakukan.
  8. Dipecat dari Apple : Ia menciptakan Apple pada usia 20 di luar garasi milik orang tuanya bersama Steve Wozniak.Setelah sepuluh tahun mengembangkan perusahaan itu dan usianya mencapai 30, ia  berselisih dengan Wozniak tapi jajaran direksi memihak Wozniak dan Jobs dipecat. Ia mengatakan hal tersebut merupakan kejadian  terbaik yang pernah dialaminya. "Beban di saat sukses tergantikan oleh ringannya menjadi seorang pemula lagi," katanya.
  9. Ia membuat Apple terkenal : Setelah 10 tahun menjauh dari Apple ia kembali di tahun 1996. Siapa yang ingat  komputer besar Mac tahun 90an ? itu saat Jobs tidak di Apple.
  10. tidak makan daging : ia sebenarnya seorang pescetarian, yang berarti makan ikan tapi tak makan daging lain. Ia juga makan telur dan produk olahan.
  11. super kaya : Steve Jobs diperkirakan memiliki kekayaan bersih 8.3 miliar dolar.Ia berada di peringkat 39 dalam daftar orang terkaya di Amerika pada tahun 2011 di majalah Forbes.
Di tahun 2004, Jobs mengumumkan bahwa ia mengidap kanker pankreas dan ia melakukan transplantasi liver lima tahun kemudian.

Di bulan Januari, ia cuti lalu pensiun sebagai CEO di bulan Agustus dan melimpahkan seluruh tugasnya kepada Tim Cook.

Meski terkenal, Jobs sangat tertutup untuk soal kehidupan pribadi. Ia menikahi Laurene di tahun 1991 dan pasangan itu dikarunia tiga anak.

Bos Microsoft Bill Gates mengatakan "Bagi mereka yang cukup beruntung untuk bisa bekerja dengannya, hal itu merupakan kehormatan yang sangat besar. Saya akan merindukan sekali Steve."

Walikota New York Michael Bloomberg mengatakan bahwa "Amerika kehilangan seorang jenius yang akan selalu dikenang bersama Thomas Edison dan Einstein, dan gagasan-gagasannya akan membentuk dunia bagi generasi yang akan datang."
(yud)


Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © ANTARA 2011

Komentar Pembaca
Baca Juga