Bantul (ANTARA News) - Persiba Bantul menang 1-0 atas Persisam Putra Samarinda dalam pertandingan uji coba di Stadion Sultan Agung, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis.

Gol tunggal Persiba tercipta melalui sundulan "striker" Emanuel Cristori pada menit ke-77.

Bermain di hadapan ribuan penonton pendukungnya, Persiba melalui Emanuel Cristori menciptakan gol pada menit ke-36, tetapi dianulir wasit karena "offside".

Memasuki babak kedua, tempo permainan kedua kesebelasan mulai cepat, dan cenderung keras. Beberapa pelanggaran terjadi pada babak kedua, bahkan beberapa kali insiden dan ketegangan kecil terjadi di tengah lapangan.

Banyak peluang bagi tuan rumah untuk menciptakan gol, namun penjaga gawang Persisam M Kusnan yang menggantikan Agung Prasetyo bermain cemerlang, sehingga peluang itu gagal membuahkan gol. Selain itu, juga karena rapatnya pertahanan Persisam.

Namun, keberuntungan berpihak kepada Persiba, ketika bola dari tendangan bebas Slamet Nurcahyo diteruskan Anwaruddin, dan disambar Cristori dengan sundulannya ke gawang lawan, sehingga membuahkan gol.

Pelatih Persisam Putra Samarinda Daniel Roekito usai pertandingan mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan kekalahan timnya dari Persiba Bantul dalam pertandingan uji coba ini.

Menurut dia, uji coba dilakukan untuk melihat kelemahan dalam tim asuhannya menghadapi kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim depan.

Dengan kekalahan ini, kata dia, maka semakin terlihat kelemahan yang harus segera dibenahi. "Tidak masalah, kami sengaja ingin melihat kelemahan tim sebelum kompetisi bergulir, apalagi kami menurunkan pemain muda," katanya.

Menurut dia, sebagian pemain andalannya diistirahatkan karena masih cedera, seperti Ronald Fagundez, dan Eka Ramdani.

Sedangkan pelatih Persiba M Basri mengatakan uji coba melawan Persisam Samarinda menjadi modal bagi Laskar Sultan Agung menatap kasta tertinggi sepak bola nasional atau ISL.

Menurut dia, uji coba ini menjadi gambaran awal bagi tim kebanggaan Paserbumi, sebelum mengikuti ketatnya kompetisi di ajang ISL. "Kami beruntung dalam uji coba dengan tim yang sudah memiliki kekompakan, kami melihat tidak terlalu banyak kelemahan yang ditunjukkan anak-anak. Hanya saja, uji coba jelas menggambarkan betapa ketatnya kompetisi ISL nanti," katanya.
(ANT-068/M008)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011