Kota Guatemala (ANTARA News) - Dua jaringan badai telah menyebabkan sedikitnya 38 orang tewas dan memaksa puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka setelah hujan lebat mengguyur pantai Meksiko dan Amerika tengah, kata pejabat, Jumat.

Menurut pemerintah dan pelayanan darurat setempat, Guatemala saja melaporkan 21 orang tewas, lapor AFP.

Korban di Meksiko meningkat menjadi delapan, Jumat, dengan tiga lagi orang dilaporkan tewas karena banjir dan longsor segera setelah topan Jova, yang menghantam pantai Pasifik sebagai topan kategori dua pada Selasa sebelum melemah menjadi badai tropis.

Hujan lebat telah menghancurkan dan mengangkut jembatan di Guatemala, tempat pemerintah memastikan 21 orang telah tewas dan 55.000 orang telah terpengaruh oleh depresi tropis yang menghantam Amerika tengah pada permulaan pekan ini.

Dua lagi orang hilang saat upaya pembersihan dilanjutkan, kata pelayanan bantuan.

Para petugas pertolongan telah menemukan enam mayat di Nikaragua dan tiga di El Salvador, sementara Honduras dan Kosta Rika yang berdekatan melaporkan kerusakan bangunan.

Pemerintah Meksiko menegaskan hanya perbaikan kecil yang dibutuhkan pada beberapa tempat untuk Pan American Game, yang dimulai Jumat di Guadalajara, ibu kota negara bagian Jalisco, lebih dari 100 kilometer dari pantai Pasisik. (S008/C003)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011