Mogadishu (ANTARA News) - Kelompok gerilyawan garis keras, Al-Qaeda telah menyumbang makanan, uang dan pakaian untuk rakyat Somalia dalam upaya publikasi nyata yang memperlihatkan hubungan dekatnya dengan gerilyawan Ash-Shabaab, kata satu lembaga pemantau, Jumat (14/10).

Dengan mengutip gambar yang disiarkan oleh gerilyawan, kelompok pemantau Intel Center menyatakan bantuan tersebut disampaikan dalam upacara meriah di negeri itu dalam upaya mengukuhkan landasan dukungan yang lebih kuat dengan rakyat Somalia.

Berbagai lembaga bantuan menyatakan pengiriman rutin bantuan yang sangat diperlukan di negara yang dilanda kemiskinan tersebut hampir tak mungkin dilakukan akibat situasi keamanan, sementara gerilyawan secara rutin mencuri obat dan makanan yang disumbangkan, dan pekerja bantuan diancam dengan pembunuhan.

Gerilyawan Ash-Shabaab melancarkan perang empat-tahun di Mogadishu guna menggulingkan pemerintah Somalia sebelum tiba-tiba meninggalkan kebanyakan pangkalannya di ibu kota negeri itu pada Agustus. Mereka masih menguasai sebagian besar wilayah Somalia.

Banyak pengulas mengatakan ketidakpuasan di dalam negeri, sumber daya alam yang berkurang dan dukungan rakyat serta kegagalan mereka untuk mengusir pemerintah memaksa gerilyawan menghentikan aksi berdarah.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011