Phillips Island, Australia (ANTARA News/AFP) - Pebalap Australia Casey Stoner memastikan gelar juara dunia MotoGP, Minggu, setelah dia mencatat kemenangan kelima secara beruntun di Grand Prix Australia saat dia merayakan ulangtahunnya yang ke-26.

Kemenangan pebalap Honda tersebut sudah cukup untuk memastikan gelar juara dunia kedua kalinya, dengan dua seri balapan masih tersisa, setelah juara bertahan Jorge Lorenzo, yang merupakan pesaing ketatnya, mengundurkan diri setelah mengalami cedera dalam latihan.

Stoner mendominasi para pesaingnya dalam tiga hari di Phillip Island dan tidak pernah terlihat seperti akan kalah dalam balapan tersebut. Dia kini tidak terkalahkan sejak 2007, tahun saat dia pertama kali memenangi kejuaraan dunia di atas motor Ducati.

Dia mendapat peluang emas saat pebalap Spanyol Lorenzo mengalami kecelakaan dalam pemanasan dan terpaksa harus mundur dengan mengalami cedera serius pada tangannya, yang berarti pebalap asal Queensland itu hanya harus finish di posisi enam besar untuk memastikan gelar juara dunia.

Sementara Lorenzo diterbangkan ke Melbourne untuk menjalani operasi pada jari tangan kirinya, Stoner memimpin balapan dari posisi start terdepan (pole) hingga akhir balapan tersebut.

Dia membuka keunggulan besar dan mempertahankannya meskipun harus bertarung menghadapi kondisi berbahaya saat hujan mulai turun tiga putaran lagi sebelum finis.

Stoner agak memperlambat motornya untuk memastikan dia tidak akan terjatuh dan akhirnya meraih kemenangan dengan keunggulan dua detik atas dua pebalap Italia yang memacu Honda Marco Simoncelli dan Andrea Dovizioso.

(I015/A016) 

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011