Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, akan menggelar "Indonesia International Environmental Film Festival" di Wakatobi pada 26 - 30 Oktober 2011.

Bupati Wakatobi Hugua di Kendari, Minggu, mengatakan Indonesia International Environmental Film Festival yang akan digelar di lapangan terbuka itu akan dihadiri produser film Indonesia dan internasional.

"Produser film Indonesia yang akan hadir dalam festival itu yakni Garin Nugroho, Mira Lesmana, dan Rizi Reza. Sedangkan produser film internasional adalah Vincent Moon, Dave Arnol, dan Justin Robertson," katanya.

Selain itu, kata dia, juga akan dihadiri sejumlah bintang sinetron nasional terutama pemeran utama film dokumenter Wakatobi berjudul `The Mirror Never Lies`, atau cermin tidak pernah berbohong, Atiqoh Hasiholan dan Reza Rahardian serta Nicholas Saputra.

"Pemeran utama film `The Mirror Never Lies` dihadirkkan pada Indonesia International Environmental Film Festival itu karena film dokumeter itu merupakan salah satu film yang akan diputar dalam festival tersebut," katanya.

Menurut dia, film yang akan diputar dalam festival tersebut sebanyak 24 judul yang terdiri dari 19 judul film nasional dan lima judul film internasional.

"Lima judul film internasional yang akan diputar merupakan hasil karya anak-anak bangsa," katanya.

Ia mengatakan festival tersebut akan digelar di empat lokasi di Wakatobi yakni Pantai Patuno, Lapangan Merdeka Wangi-wangi, Perkampungan Suku Bajo, dan di lokasi pengambil gambar film `The Mirror Never Lies` di Sampela.

"Setiap malam pemutaran fim dalam festival tersebut akan selalu diawali dengan film dokumenter Wakatobi, `The mirror Never lies," katanya.

Menurut dia, film dokumenter yang sudah dikomersialkan itu mengintegrasikan aspek ekologi, edukasi, wisata, dan budaya.

Aspek ekologi, ujarnya, dipresentasikan melalui potret keanekaragaman hayati perairan laut Wakatobi, sedangkan edukasi dan budaya terlihat dari kehidupan masyarakat suku Bajo, terutama dalam memperlakukan alam sesuai tradisi kearifan lokal mereka.

Sementara keindahan terumbu karang dan keanekaragaman biota laut Wakatobi, kata dia, memperkuat pesan aspek wisata bahari Wakatobi.
(ANT-227/N002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011