Bandung (ANTARA News) - Tim "Maung Bandung" Persib tidak memiliki pemain bertipe perusak, keras dan temperamen sehingga permainan tim Bandung itu terancam monoton.

"Pada pertandingan pertama belum kelihatan pemain ngotot, semua gelandang saat ini berkarakter stylis," kata mantan pemain bintang Persib Bandung H Bambang Sukowiyono di Bandung, Jumat.

Musim lalu Persib masih memiliki karakter pemain bertipe destroyer seperti Hilton Moriera dan Matsunaga Shohei, namun karakter pemain saat ini seperti Miljan Radovic, Hariono lebih berkarakter stylis.

Sukowiyono berpendapat kehadiran "destroyer" diperlukan untuk mengganggu dan memecah konsentrasi pemain belakang lawan. Atep bisa diharapkan sebagai "destroyer", namun posisinya saat ini lebih banyak di sektor sayap.

Meski demikian, menurut dia kemungkinan pelatih Drago Mamic memiliki strategi lain untuk membangun tim Persib Bandung termasuk dalam pemilihan pemainnya.

"Mudah-mudahan saja bisa muncul kemudian, masih ada kesempatan melakukan pembenahan menjelang pertandingan berikutnya," kata Suko.

Sementara itu manajer Persib Bandung H Umuh Muhtar mengakui timnya membutuhkan pemain berkarakter "destroyer" dan nakal di lini tengah.

Ia berharap pemain Asia yang akan direkrutnya beberapa waktu ke depan bisa memenuhi harapan kebutuhan tim Persib. Menurut Umuh pemain itu memiliki kemampuan di beberapa posisi terutama di lini tengah dan depan.

"Mudah-mudahan saja pemain baru itu nantinya bisa memenuhi harapan," kata Umuh tanpa menyebutkan nama pemain incarannya itu.

Dalam keikutsertaan Persib di kompetisi sepak bola nasional selalu diisi pemain-pemain berkarakter perusak seperti Iwan Sunarya, Yudi Guntara, Marwal Iskandar, Alexander Saununu, Hilton Moriera dan lainnya.

Sementara itu, Persib saat ini memiliki satu slot lagi untuk pemain asing Asia. Nama Robbie Gaspar dan Goran Subara disebut-sebut salah satunya akan direkrut Persib.

Namun demikian Persib juga mengisyaratkan akan merekrut pemain yang memiliki kemampuan bermain di sejumlah posisi, sedangkan Goran dan Robbie berposisi sebagai back.

Umuh masih merahasiakan pemain asing Asia yang dibidiknya, meski demikian ia menyebutkan peluang kedua pemain asal Australia masih cukup terbuka karena memang timnya memerlukan pelapis pemain belakang.

Namun regulasi IPL yang menetapkan kuota 25 pemain, tidak menutup kemungkinan mengancam pencoretan 2-3 pemain Maung Bandung.
(T.S033/I015)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011