Buenos Aires (ANTARA News) - Presiden Argentina Cristina Kirchner meraih kemenangan besar dan terpilih kembali dengan mengantungi 53,04 persen suara, demikian hasil sementara yang disiarkan Minggu larut malam seperti dikutip AFP.

Politikus kiri-tengah Argentina yang membawa negerinya menuju pertumbuhan ekonomi itu mencampakkan pesaing terdekatnya, tokoh sosialis Hermes Binner yang hanya mengumpulkan 16,9 persen dari 15,5 persen suara yang dihitung, kata Kementerian Dalam Negeri Argentina.

Jajak pendapat di luar pemungutan suara yang dilakukan media setempat menunjukkan Kircher mungkin meraih 55 persen suara dan ini memberinya mandat paling kuat bagi seorang presiden Argentina sejak berakhirnya kediktatoran pada 1976-1983.

Para pendukungnya berkumpul di luar istana presiden di Buenos Aires, sambil mengibarkan bendera berwarna biru dan putih serta menyalakan kembang api. Sementara itu, pendukung lain bergembira saat mereka menunggu Kirchner berpidato di satu hotel di pusat kota.

Presiden petahana (incumbent) berusia 58 tahun itu yang istri dari mendiang mantan presiden Nestor Kircher, memang sudah diperkirakan akan terpilih kembali dan mengalahkan oposisi yang terpecah.

Negara di Amerika Selatan yang berpenduduk 40 juta warga itu berubah makmur sejak Nestor Kircher memerintah pada 2003.(*)

C003/A011

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011