Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 52 restoran dan kafe akan memamerkan makanan andalannya di "Surabaya Food Festival" 2011 yang digelar mulai 26-30 Oktober 2011.

"Lokasinya ada di lapangan parkir Ciputra World di Jalan Mayjen Sungkono Surabaya. Siapa saja bisa hadir dan menikmati makanan yang biasa disajikan di restoran, namun kali ini di sebuah tenda di tengah lapangan," ujar Direktur Operasional "East Java Shopping & Cultural Carnival", Neil V Storey, kepada pers di Surabaya, Senin.

Dijelaskannya, pameran makanan ini berbeda dari festival kuliner yang biasanya menghadirkan makanan serba tradisional.

Kali ini nama-nama terkenal restoran serta kafe yang biasanya ada di mal, bisa dinikmati dengan harga terjangkau. Yakni Rp10 ribu khusus minuman, dan makanan berkisar antara Rp15-25 ribu.

"Kami juga ingin memasyarakatkan makanan restoran kepada warga Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya. Semoga bisa dinikmati bersama," kata Neil.

Beberapa restoran dan kafe yang ambil bagian dalam SFF 2011, diantaranya Boncafe, De Boliva, Coffee Toffee, Excelso, Nikimura, Sushi Tei, Malay Village, Kim Kim, RM Ria, Kedai Simbok, Resto Goela Katjang, Nasi Goreng Kraton dan Bakso Pak Djo, serta yang lainnya.

Diharapkannya, kegiatan semacam ini menjadi agenda tahunan yang lokasinya tidak hanya digelar di Surabaya dan namanya diubah menjadi "Jatim Food Festival".

"Ini juga masih rangkaian HUT ke-66 Pemprov Jatim dan menjadi rangkaian acara `East Java Shopping & Cultural Carnival`," tukas dia.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pengusaha kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Jatim Tjahjono Haryono mengungkapkan, animo masyarakat Surabaya terhadap makanan sangat tinggi.

"Terbukti dari banyaknya mal yang mendukung perkembangan bisnis makanan dan menumbuhkan restoran maupun kafe. Lewat SFF inilah semoga masyarakat semua kalangan bisa menikmatinya," papar Tjanjono.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemprov Jawa Timur, Pemkot Surabaya, "Surabaya Resto Guide", "East Java Shopping & Cultural Carnival", Asosiasi Pengusaha kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) dan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI).

Selain pameran makanan, ada pula berbagai macam lomba, hiburan sulap, musik serta demo masak dari beberapa restoran. Bahkan di hari penutupan, akan ditampilkan pesta kembang api yang diluncurkan dari lantai tertinggi Ciputra World.
(ANT-165/C004)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011