Jakarta (ANTARA News) - Lima belas universitas terkemuka China akan mengadakan pameran pendidikan di Hotel Horison Semarang, Jawa Tengah pekan depan sebelum mereka hadir di Surabaya, Jawa Timur 12 dan 13 November.

Belasan perguruan tinggi Negeri Panda itu, diantaranya yang berperan dalam proyek luar angkasa Shenzhou, menawarkan kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk berkuliah dengan biaya terjangkau, beasiswa, juga magang di perusahaan terkemuka di China.

Pameran bertajuk 13th China Education Fair 2011 tersebut akan digelar di Hotel Horison Semarang pada 9 dan 10 November, kata penyelenggara pameran, BLCI Mangga Dua Square Jakarta, dalam siaran persnya, Rabu.

“Setiap kali pameran digelar, mayoritas siswa yang langsung mendaftar, berkuliah  program gelar S1 dan S2, dengan pengantar bahasa Inggris. Disamping siswa yang mendaftar untuk belajar bahasa Mandarin,” kata Ir. Samuel Wiyono MBA, Direktur BLCI Mangga Dua Square.

Menurut Samuel, dari pengalaman kegiatan serupa sebelumnya, banyak siswa yang mendaftar pada saat pameran karena beberapa universitas menawarkan biaya kuliah dan asrama yang relatif terjangkau hanya sekitar Rp18 jutaan per tahun.

Juga menawarkan beasiswa asrama (boarding scholarship) bagi mahasiswa yang mendaftar ketika pameran berlangsung dan memenuhi syarat.
 
“Bahkan, mereka juga berkesempatan mendapatkan beasiswa langsung hingga Rp14 jutaan di universitas tertentu, serta beasiswa provinsi sebesar Rp28 jutaan per tahun dengan syarat tertentu, dan gratis biaya aplikasi/registrasi di universitas tertentu selain beragamnya bidang studi yang ditawarkan,”jelas Samuel.
 
Pengantar Inggris
 
Pameran pendidikan tersebut juga dihadiri sejumlah perguruan tinggi yang menawarkan gelar atau diploma dari Inggris dan Australia yang telah membuka kampus di China, dan menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar.

Jadi, biaya akan lebih rendah dibandingkan kuliah di Inggris atau Australia.
 
“Beragam progam pendidikan ditawarkan dalam pameran ini, mulai dari belajar bahasa Mandarin, Foundtion/Diploma, Gelar Sarjana S1  hingga Pascasarjana, berbagai bidang studi menggunakan pengantar Inggris seluruhnya di China,” jelas Samuel.
 
Bidang studi yang menggunakan pengantar bahasa Inggris ini pun juga beragam mulai program unggulan di bidang Bisnis, Teknik dan Sains seperti Bisnis Internasional, Accounting, Teknik Sipil, Software Engineering, Teknik Kimia, Teknik Mekatronika, Perhotelan hingga Teknik Aeronautika.

“Para mahasiswa Indonesia juga berkesempatan untuk magang (internship) di beberapa perusahaan terkemuka di China,” katanya.
 
Dede, salah satu orang tua siswa yang tengah melihat persiapan pameran di Mangga Dua Square Jakarta mengatakan kedatangannya karena ingin mendaftarkan anaknya untuk berkuliah di China. Anak pertamanya telah berkuliah di Nanjing, China yang direkomendasikan BLCI.
 
“Kakaknya menyukai kuliah di Universitas yang direkomendasikan BLCI, maka ia mengajak adiknya berkuliah di China. Maka saya datang ke BLCI untuk mendapatkan rekomendasi bagi anak kedua saya itu,” ujarnya.

Berikut 15 universitas China yang hadir dalam 13th China Education Fair 2011:

  1. Harbin Institute Technology
  2. Shenyang Aerospace University
  3. Beijing Jiaotong University
  4. Dongbei University Finance Economis-Dalian
  5. Shandong Univeresity Science Technology-Qingdao
  6. Nanjing University Information Science Technology
  7. Nanjing University Aeronautics Astronautics
  8. Nanjing Audit University
  9. Wuhan University Technology
  10. Blue Mountains Hotel School-Suzhou/Tianjin
  11. Xian Jiaotong Liverpool University-Suzhou
  12. Sino British College-University Shanghai Science Technology
  13. Ningbo University
  14. University Nottingham, Ningbo
  15. Jiangxi Normal University-Nanchang.
(S026)

Pewarta: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011